by

Berbagi Keberkahan, Sambut Lebaran, Karang Taruna Bekasi Selatan Santuni Anak Yatim

RUANGINDONESIA.COM – Meski dalam kondisi ekonomi yang sulit akibat oandemi Corona, para pengurus Karang Taruna Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, tetap aksi kepedulian yang rutin dilaksanakan jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri. Aksi peduli ini berupa pemberian santunan dan bingkisan Lebaran untuk anak-anak yatim yang berdomisili di wilayah Kecamatan Bekasi Selatan.

Berbeda dengan tahun lalu, pemberian santunan untuk tahun ini dilakukan secara door to door alias mendatangi langsung kediaman para anak yatim yang menerima santunan. Tercatat sebanyak 100 anak yatim dari lima wilayah kelurahan yang menjadi sasaran aksi sosial ini.

Pemberian santunan ini dilakukan secara bergilir setiap hari dengan melibatkan pengurus Karang Taruna tingkat kelurahan, Srikandi Karang Taruna Kecamatan Bekasi Selatan, hingga pengurus tingkat unit di lingkungan RW setempat. Hal ini untuk menghindari aksi kumpul-kumpul sesuai ketentuan yang diterapkan dalam kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Bekasi.

Saat diajak berbincang, Ketua Karang Taruna Kecamatan Bekasi Selatan H Darkam Suryadi menjelaskan, aksi kepedulian untuk anak yatim ini merupakan kali keempat yang sudah dilaksanakan rutin tiap tahun. “Kami ingin berbagi kebahagiaan bersama, agar anak-anak yatim yang notabene berasal dari keluarga tidak mampu juga bisa ikut bersuka cita merayakan Lebaran,” ujarnya, usai melakukan pemberian santunan di wilayah Kelurahan Jakasetia, Rabu (20/5) sore.

Menurut Darkam, aksi kepedulian ini terwujud berkat semangat swadaya dan partisipasi seluruh anggota dan pengurus Karang Taruna yang ada di wilayah Bekasi Selatan. “Alhamdulillah, tahun ini masih bisa kami laksanakan meski dalam kondisi sulit seperti ini kawan-kawan masih memiliki semangat untuk berbagi keberkahan dan kebahagaiaan bersama para anak yatim,” tegas dia.

Darkam mengakui teknis pemberian santunan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. “Kalau tahun lalu kami kumpulkan seluruh anak yatim, tapi untuk tahun ini kami yang mendatangi para anak yatim, ya kita tetap menghormati aturan dari pemerintah terkait PSBB demi menanggulangi penyebaran Covid-19,” paparnya.

Selanjutnya Darkam memberikan pujiannya terhadap rasa empati seluruh anggota dan pengurus Karang Taruna di tingkat kelurahan yang ada di Kecamatan Bekasi Selatan. “Karena hanya dengan semangat kebersamaan, kita masih bisa menjalankan prigram rutin tahunan sebagai wujud eksistensi organisasi Karang Taruna,” katanya.

Darkam juga berharap aksi peduli ini memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan. “Semoga bermanfaat sehingga para anak yatim pun bisa tersenyum merayakan Hari Lebaran,” pungkasnya. (Moel/ri)

Comment

News Feed