by

Puluhan Pelanggar di Pengasinan Disanksi Jadi Duta Penegakan PSBB

RUANGINDONESIA.COM – Aparatur Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, bersama unsur Tiga Pilar bersikap tegas dalam menindak para pelanggar ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap III. Selain teguran tertulis, sanksi sosial juga diterapkan bagi pelanggar yang terjaring patroli penegakan PSBB.

Hal ini dibuktikan dalam pembinaan yang dilakukan bagi para pelanggar yang terjaring patroli penegakan PSBB, Sabtu (16/5) malam. Sebanyak 55 pelanggar yang terjaring langsung diberikan pembinaan disertai sanksi teguran tertulis dan sanksi sosial.

Dalam sanksi sosial ini, para pelanggar diberi tugas menjadi duta penegakan PSBB. Mereka disebar menjadi beberapa kelompok di lokasi-lokasi yang sudah ditentukan, kemudian diberi tugas untuk membagikan masker serta himbauan kepada para pelanggar yang mereka temui.

Dengan adanya penerapan sanksi yang tegas ini, Lurah Pengasinan Juhasan Antosuseno berharap dapat memberikan efek jera kepada para pelanggar ketentuan PSBB tahap III. “Jika mereka melanggar lagi, maka sanksi yang lebih tegas akan mereka hadapi, hingga sanksi denda,” tegasnya, Senin (18/5) siang.

Menurut Juhasan para pelanggar yang terjaring tersebut mayoritas kalangan remaja dan pemuda yang sedang berkumpul di tempat kuliner dan kedai kopi. “Ada juga yang kedapatan tidak menggunakan masker, tapi mayoritas terjaring saat sedang berkumpul,” ulasnya.

Bukan hanya kepada masyarakat pengunjung, Juhasan menyebut para pengelola kuliner dan kedai kopi juga dikenakan sanksi karena dianggap melanggar ketentuan PSBB. “Misalnya menyediakan meja dan kursi untuk pengunjung sehingga pengunjung bisa makan arau minum di tempat, ada juga pengelola usaha yang melanggar batas jadwal operasional yang sudah ditentukan selama masa pandemi Corona,” ujarnya.

Juhasan memastikan pihaknya tidak akan tebang pilih dalam menerapkan sanksi terhadap pelanggar ketenruan PSBB. “Sanksi akan kami berikan kepada para pelanggar, kami tidak akan pandang bulu, karena semua ini demi kebaikan masyarakat agar terhindar dari ancaman virus Covid-19,” pungkasnya. (Moel/ri)

Comment

News Feed