by

Persatuan Alumni GMNI Bekasi Beri Bantuan Westafel Untuk Puskesmas di Kota Bekasi

SARINAH PEDULI 2020 melakukan kegiatan serah terima bantuan westafel pedal kaki di 5 puskesmas di Kota Bekasi. Serah terima dilaksanakan di Puskesmas Jatiwarna. SARINAH PEDULI 2020 merupakan kampanye donasi kerjasama organisasi Pergerakan Sarinah,DPC PA GMNI Kota Bekasi dan Kartika Persada, fokus melakukan penggalangan dana untuk peningkatan fasilitas sanitasi dasar dipuskesmas wilayah luar Jakarta, tahap awal dilakukan diwilayah Bekasi Jawa barat dan Tangerang Banten.

Seperti diketahui prediksi ledakan wabah corona menjadikan puskesmas sebagai pintu gerbang awal pelayanan kesehatan. Survey awal yg dilakukan diwilayah jabotabek, diare pintu masuk puskesmas daerah pinggiran ternyata tidak memiliki fasilitas cuci tangan yang cukup baik.

Westafel pedal kaki menjadi pilihan untuk kampanye donasi SARINAH PEDULI 2020, karena Edukasi Cuci Tangan yang baik memerlukan proses pencucian tangan tanpa diakhiri kembali dengan sentuhan kearea non disinfektan. Tangan yang sudah dibersihkan merupakan sarana paling efektif untuk menghindari virus, yang juga menjadi penyebab pandemik corona 2020 atau lebih kita kenal dengan covid 19. Desain pedal kaki memungkinkan tutup buka keran air sumber untuk cuci tangan tidak kembali menggunakan tangan yang sudah dibersihkan, karena menggunakan injakan pedal untuk membuka tuas keran airnya.

Kampanye Donasi disertai tutorial perakitan westafel pedal kaki. Diharapkan produknya bisa diduplikasi didaerah lainnya dengan biaya sesuai kondisi setempat.Target donasi 150 JT rupiah untuk 100 buah westafel pedal kaki lengkap dengan sabun cair dan transport pengiriman kelokasi. Pekerjaan perakitan dan pengiriman dikerjakan seiring proses donasi berlangsung. Kampanye ini juga melibatkan bengkel lokal terdekat, untuk memudahkan proses pengiriman sekaligus ikut menggerakkan sektor UKM setempat.

Heru Purnomo, Ketua PA GMNI Kota Bekasi mengatakan ini merupakan bentuk kegiatan sosial PA GMNI di musibah corona ini. ”Kita memilih untuk melawan Corona secara substantif dengan tetap fokus pada Edukasi Cuci Tangan. Sehingga pasca wabah Covid 19, barang barang yg akan kita sumbangkan tetap bermanfaat dimasyarakat secara berkesinambungan,“ katanya.

Selanjutnya Sek-Jend DPP Pergerakan Sarinah Adhi Ayoe Yanthy kemudian menegaskan SARINAH PEDULI 2020 merupakan langkah kecil dari sebuah praktek ideologi gotong royong yang diajarkan Bung Karno. “Perayaan Kartinian dan hari lahir pancasila kami wujudkan dalam kerja nyata untuk rakyat tanpa seremoni perayaan yg berlebihan dimasa wabah seperti ini” ujarnya.

Comment

News Feed