by

RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi Gelar Simulasi Penanganan Pasien Virus Corona

RUANGINDONESIA.COM – Rumah Sakit Umum Daerah dokter Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi melakukan simulasi penanganan pasien suspect corona. Simulasi penanganan pasien corona dilakukan guna memastikan kesiapan dalam melakukan penanganan kasus sesuai standar.

Terlihat simulasi itu dilakukan mulai dari kedatangan pasien ke rumah sakit, penanganan di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), pemantauan medis, dimasukkan ke ruang isolasi hingga dirujuk ke rumah sakit rujukan penanganan corona jika dinyatakan positif.

Selain itu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dokter Chasbullah Abdulmajid Kota Bekasi juga mebentuk tim Satuan Tugas (Satgas) sebagai upaya antisipasi dan penanganan Covid-19 atau virus Corona. Sedikitnya, telah terdapat 50 tenaga medis yang telah bergabung.

Direktur RSUD dokter Chasbullah Abdulmajid Kota Bekasi, Kusnanto Saidi mengaku telah menyiapkan ruang isolasi di gedung F bagi pasien yang terjangkit virus corona. Bahkan, ia mengatakan bahwa ruang itu telah disediakan sebelum wabah virus mematikan itu masuk ke tanah air.

“Satgas yang kami bentuk itu mengacu pada perhimpunan Dokter Paru Indonesia (DPI). Tim Satgas sendiri meliputi dokter spesialis, karena virus Corona tidak hanya melibatkan dokter paru tapi juga beberapa dokter dilibatkan,” kata Kusnanto.

Ia menjelaskan, sejauh ini alur penanganan sudah di buat, termasuk Standar Operasional Prosedur (SOP). Ruang isolasi sendiri telah disiapkan enam bed, perinciannya adalah dua bed di IGD kemudian empat bed di Gedung F.

“Sejauh ini belum ada pasien yang tersuspect corona, apabila ada pun kita selalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan juga Kementerian Kesehatan. Apabila ada pasien kami sudah siap, tapi mudah-mudahan jangan sampai ada,” tandas dia. (Hrs/RI)

Comment

News Feed