by

Peduli Lingkungan Muaragembong, Delkom Pasang Papan Edukasi

RUANGINDONESIA. COM – Beberapa elemen yang tergabung dalam Delegasi Komunitas (Delkom), dan beragam organisasi penggiat lingkungan asal Bekasi melakukan pemasangan plang atau papan edukasi tentang manfaat mangrove serta plang himbauan mengenai pelarangan berburu di Kampung Beting, Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, belum lama ini (Minggu, 23/02/2020).

Ketua Pelaksana Puri Setiawan menerangkan, kegiatan yang diberi tajuk “Berlari Untuk Konservasi” ini merupakan bentuk kepedulian antar komunitas, dan organisasi terhadap kelangsungan ekosistem yang berada dipesisir Bekasi.

“Kita gagas acara sejak 2019 akhir tahun lalu dan pengalokasian beberapa point sampai tahun ini 2020. Teman-teman komunitas kumpul sejak hari sabtu, di hari minggu kita lakukan pemasangan diberbagai titik, salah satunya dikampung Beting, Kecamatan Muaragembong,” ungkapnya.

Kegiatan ini, juga dimaksudkan untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap keadaan sungai, dan hutan bakau di pesisir. Sebab, kata Puri, di Bekasi tidak sedikit kawasan hutan bakau yang tergerus abrasi karena laju abrasi yang semakin tinggi, terlebih lahan kawasan hutan mangrove yang semakin berkurang akibat exploitasi. Seperti kawasan hutan bakau yang ada di pesisir Muaragembong.

Tentu sangat disayangkan apabila hal ini terjadi, karena sebenarnya banyak manfaat dari hasil alam hutan bakau yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat terhadap hasil alamnya. Termasuk bagi sekumpulan satwa, dan burung-burung yang sangat tergantung dengan alam yang ada dipesisir.

Kondisi tersebut tentunya berbeda jauh dari potret-potret kawasan mangrove zaman dahulu. Ia pun berharap, masyarakat lebih tergugah menjaga lingkungannya.

“Gerakan ini supaya sungai-sungai hutan mangrove, dan lainnya bisa dilakukan hal yang sama. Tidak lepas kemungkinan, kalau kawasan hutan mangrovenya lestari dan bersih, kita bisa melakukan kegiatan ekowisata dan manfaat alam lainnya,” katanya

Dia pun menerangkan, kegiatan dapat terlaksana atas kesukarelaan para relawan, dan donatur yang ikut sinergi dalam menyumbang donasi di event RUN FOR MUGO #4.

Pemasangan plang edukasi dan himbauan, lanjut Puri, bertujuan untuk memberi pemahaman serta kesadaran masyarakat untuk peduli lingkungan. Khususnya bagi mereka yang hobi berburu satwa, dan burung di pesisir Muaragembong. (red/ri)

Comment

News Feed