by

Bintek LDK, Wujud Semangat Pemerintah dan Masyarakat Bangun Visi Cikiwul Istimewa

RUANGINDONESIA.COM – Sebanyak 153 peserta dari kalangan pengurus RT, RW, Karang Tatuna, Linmas, Posyandu dan PKK, hadir mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Kelurahan Cikiwul, Kecamatan Bantargebang, Sabtu (22/2) hingga Minggu (23/2). Kegiatan yang digelar di kawasan Cisarua, Kabupaten Bogor, ini dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bekasi Hj Gunarti Rahmat Effendi.

Turut hadir beberapa orang narasumber yang berkompeten memberikan pemaparan terkait tugas dan fungsi lembaga yang ada di lingkungan masyarakat. Sebut saja dari Tata Pemerintahan Setda Kota Bekasi Topik Aji Mulya, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Sunarmo, Inspektorat Daerah Kota Bekasi Tugiman, BPKAD Kota Bekasi Dadan, Sekretaris Kelurahan Cikiwul Lania Octora yang membahas tentang public speaking dan salah seorang tokoh masyarakat Cikiwul Wandi Sunardi.

Seluruh peserta terlihat antusias menerima materi yang disampaikan para nara sumber dengan bahan pembahasannya masing-masing. Terlebih lagi sebagian besar peserta merupakan ketua RT atau ketua RW yang baru dilantik.

Usai kegiatan, Lurah Cikiwul Warsim Suryana menyatakan kegiatan ini menjadi satu wadah untuk saling menjalin silaturahmi kalangan stakeholder yang memiliki semangat sama untuk membangun lingkungan Cikiwul. “Sangat selaras dengan tema yang diusung, yakni Sinergitas Dalam Membangun Mental dan Sumber Daya Menuju Cikiwul Lebih Istimewa,” ungkapnya.

Warsim lalu berharap hasil LDK ini akan memberikan pemahaman dan wawasan kepada para peserta dalam menjalankan tugas dan fungsinya sesuai aturan yang berlaku. “Pelayanan untuk masyarakat semakin maksimal dan tidak ada permasalahan administratif sesuai regulasi yang ada,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua LPM Cikiwul Tholib S Hidayat menjelaskan kegiatan LDK ini dilatarbelakangi semangat yang sama dari seluruh kalangan stakeholder yang ada di Cikiwul untuk menjaga sinergitas antara lembaga di masyarakat dengan aparatur pemerintahan. “Kami ingin membentuk team work yang solid, yang memiliki semangat, visi, dan misi yang sama, untuk kepentingan lingkungan dan masyarakat,” ujarnya.

Lelaki yang akrab disapa Bang Black ini juga mengatakan dengan soliditas yang kuat, maka seluruh stakeholder akan memiliki rasa tanggung jawab untuk melaksanakan tugasnya masing-masing. “Dengan tanggung jawab itu, mereka akan memiliki motivasi untuk berkiprah secara positif di lingkungan masyarakat,” imbuh dia.

Black mengakui karakter masyarakat wilayah Kelurahan Cikiwul memang istimewa, dengan memiliki rasa harmonis, humanis, dan kaya dengan program kerja yang bersifat membangun. “Ini yang membedakan wilayah Kelurahan Cikiwul dengan wilayah lain, karena masyarakat Cikiwul memiliki semangat berkreatifitas dan berinovasi yang tinggi untuk mengembangkan dan membangun wilayah,” pungkasnya. (Moel/ri)

Comment

News Feed