by

Tingkatkan Kesehatan Jasmani Keluarga Sejahtera, LPM Ciketingudik Bentuk Komunitas Senam Modern

RUANGINDONESIA.COM – Program pemberdayaan masyarakat yang digiatkan pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Ciketingudik, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, mulai merambah seluruh sektor kemasyarakatan. Bukan melulu terkait pembangunan infrastruktur, kini lembaga ini mulai melirik upaya penguatan mutu kesehatan masyarakat.

Salah satu upaya ini diimplementasikan LPM Ciketingudik dengan mengaktifkan kegiatan senam modern yang aktif dilaksanakan setiap Jumat. Kegiatan olahraga ini terbuka unruk seluruh kalangan masyarakat atau kelompok senam yang ada di lingkungan Ciketingudik.

Sampai saat ini sekitar 500 warga Ciketingudik yang ikut aktif dalam kegiatan senam modern ini. Untuk mendapatkan manfaat secara maksimal, sembilan instruktur senam yang sudah mengantongi sertifikat instruktur senam secara bergilir membimbing setiap gerakan senam kepada seluruh peserta senam.

Saat diajak berbincang, Ketua Komunitas Senam LPM Ciketingudik, Riska Salim, menjelaskan kegiatan senam modern ini berawal dari ajang penyaluran hobi bagi masyarakat yang gemar berolahraga senam. “Awalnya kami sekedar menyalurkan hobi, kami latihan secara bergilir di setiap lingkungan RW agar memancing minat masyarakat atau kaum perempuan agar menggemari olahraga senam,” ujarnya, saat didampingi Ketua LPM Ciketingudik, Salim Samsudin.

Tak disangka, respon masyarakat ternyata begitu antusias sehingga banyak yang langsung ikut bergabung dengan Komunitas Senam LPM Ciketingudik. “Alhamdulillah saat ini sudah sekitar 500 orang yang bergabung, mayoritas memang kaum perempuan,” imbuh Riska.

Dalam kesempatan yang sama, Salim Samsudin menjelaskan program senam modrrn rutin ini meeupakan bagian program Bidang Peranan Perempuan Pemuda dan Olahraga yang dijalankan LPM Ciketingudik. Kami ingin menjalankan program pemberdayaan masyarakat yang menyentuh seluruh bidang, pwmbangunan infrastruktur, pembangunan akhlak, hingga peningkatan kesehatan jasmani masyarakat,” ujarnya.

Dengan adanya program ini, Salim berharap terwujud keluarga masyarakat Kelurahan Ciketingudik yang sehat, mandiri, dan sejahtera. “Dengan demikian masyarakat akan siap dan memiliki semangat tinggi untuk bersama-sama membangun lingkungannya masing-maeing,” katanya. (Moel/ri)

Comment

News Feed