by

Kali Pengasinan Meluap, Warga Jatimulya Desak Pemkab Bekasi segera Melakukan Normalisasi

RUANGINDONESIA.COM – Dua Rukun Warga (RW) yang bertempat tinggal di Perumahan Jatimulya Bekasi Timur RW 015 dan 013 mendesak Pemerintah Kabupaten Bekasi melakukan normalisasi gorong-gorong Kali Pengasinan yang melalui bawah Tol Jakarta-Cikampek.

Hal itu mengingat bencana banjir yang sering terjadi di wilayah tersebut sejak adanya pembangunan apartemen Grand Dhika City tepat di seberang jalur Kali Pengasinan setelah gorong gorong.

Keluhan itu disampaikan Ibnu Hidayat mewakili warga Perumahan Jatimulya Bekasi Timur kepada Ruangindonesia.com. Jumat, (7/2).

“Kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi terutama dinas PUPR, kami warga Jatimulya Sejak tahun 2014 kami sudah mengajukan berkali-kali agar jalur gorong-gorong di bawah tol dinormalisasi dan sampai saat ini belum dijalankan bahkan kami harus menderita banjir besar lagi di tahun 2020,” ungkapnya.

Banjir di Perumahan Jatimulya Bekasi Timur akibat kali meluap

Ia menyampaikan, urgensi normalisasi itu karena saat ini goronng-gorong sudah terkontaminasi aneka bahan sisa proyek LRT, kereta cepat Proyek Tol Jakarta-Karawang sehingga semakin meminimalkan fungsi gorong-gorong.

“Karena sedimen-sedimen proyek tesebut juga menjadi penghambat aliran air di bawah gorong-gorong, sehingga mempersempit kali,” ujarnya.

Sementara, warga bernama Tommy Nugroho berharap Bantuan Pemkab Bekasi Khususnya dinas PUPR agar segera menindaklanujuti keluhan warga Jatimulya, agar bisa mengurangi potensi banjir.

“Kami sekarang beradu cepat dengan cuaca, kalau cuaca hujan kami pun was-was. Karena turap di Pengasinan yang jebol akibat banjir kemarin,” ungkap Tommy

Menurutnya, Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto sudah melakukan kunjungan di wilayahnya pada 16 Januari 2020 lalu.

“Tri menyampaikan hasil rapat dengan Kementerian PUPR ditetapkan bahwa normalisasi gorong-gorong kali tengah Jatimulya dan Kali Pengasinan menjadi tugas dari Dinas PUPR Kabupaten Bekasi. Tetapi sampai hari ini belum ada pergerakkan dari Pemkab Bekasi,” paparnya.

Oleh karena itu, pihaknya mendesak Pemkab Bekasi melalui Dinas PUPR Kabupaten Bekasi untuk segera melakukan normalisasi di gorong-gorong Kali Pengasinan agar tidak terjadi banjir di wilayah Jatimulya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. (Hrs/ri)

Comment

News Feed