by

Karju, ‘Spiderman’ Asal Kota Bekasi Ini Panjat Tiang Bendera Demi Berkibarnya Sang Saka Merah-Putih

RUANGINDONESIA.COM – Tentu kita semua masih ingat dengan aksi heroik Yohanis Gama Marschal yang sempat viral. Pelajar SMP di Atambua, Nusa Tenggara Timur, ini begitu cekatan memanjat tiang bendera demi berkibarnya duplikat Sang Saka Merah Putih pada upacara Hari Kenerdekaan RI tahun 2018 lalu.

Kini aksi memanjat tiang bendera itu terulang kembali di Kota Bekasi. Adalah Karju Hasan Syafi’i yang tanpa diperintah oleh siapa pun langsung memanjat tiang bendera dan memperbaiki tali pengikat bendera yang putus secara tiba-tiba.

Aksi ini terjadi saat gladi bersih upacara Hari Kemerdekaan yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Rawalumbu, Jumat (16/8) sore. Ketika petugas Paskibra sedang menaikkan duplikat Sang Saka Merah-Putih, mendadak tali pengikat bendera terputus, hingga bendera tidak sampai ke puncak tiang bendera.

Melihat kejadian ini, Karju yang tugas sehari-harinya sebagai Kepala SDN Bojong Rawalumbu X ini secara spontan memanjat tiang bendera dan memperbaiki tali pengikat bendera yang terputus. Aksi layaknya superhero Spiderman ini membuat terkejut seluruh peserta upacara, mengingat usia Karju yang sudah tidak muda lagi, yakni 51 tahun.

Beberapa peserta upacara sempat merekam aksi heroik yang dilakukan Karju. Banyak juga yang berteriak memberikan semangat kepada Karju yang akhirnya sukses memperbaiki tali bendera hingga Sang Saka Merah-Putih berkibar secara sempurna.

Saat diajak berbibcang seusai upacara Hari Kemerdekaan RI ke-74 di halaman Kantor Kecamatan Rawalumbu, Sabtu (17/8), Karju menyatakan dirinya merasa spontan saat memanjat tiang bendera. “Ya spontan saja waktu itu. Saya hanya berucap dalam hati saat melihat tali pengikat bendera yang putus, wah kacau juga kalau bendera tidak bisa sampai berkibar,” ungkapnya.

Saat berada di puncak tiang bendera, Karju mengaku tidak ada rasa takut sedikit pun dengan resiko jika dia terjatuh. “Justru saya merasa deg-degan pas sampai di bawah. Saya pandangi lagi puncak tiang benderanya, ternyata tinggi juga,” ujarnya.

Karju mengucap syukur karena pelaksanaan upacara Hari Kemerdekaan ini berjalan lancar tanpa kendala. “Terlebih lagi saat melihat bendera berkibar secara sempurna, ada rasa bangga dalam hati saya menjadi seorang warga Negara Republik Indonesia, menjadi warga negara yang sudah meraih kemerdekaan,” pungkasnya. (Moel/ri)

Comment

News Feed