by

Sabet Akreditasi, Puskesmas Mustikajaya Terus Berinovasi Tingkatkan Mutu Pelayanan

RUANGINDONESIA.COM – Semangat kerja yang ditunjukkan para pegawai UPTD Puskesmas Mustikajaya, Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, nampaknya berbuah manis. Kantor layanan dasar kesehatan masyarakat ini mendapat ganjaran prestasi berupa Akreditasi Puskesmas yang merupakan pengakuan nasional terhadap penilaian mutu kinerja dan proses pelayanan kesehatan masyarakat.

Meski baru mencapai Akreditasi Dasar, namun seluruh pegawai Puskesmas Mustikajaya tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan muru layanan kepada masyarakat. Beragam inovasi pun terus digulirkan melalui program kerja yang memberikan manfaat langsung terhadap masyarakat.

Selain melaksanakan program home visit secara rutin, pihak Puskesmas Mustikajaya juga rutin menjalankan program penyuluhan dan promosi kesehatan di setiap Posyandu. Seperti yang dilaksanakan pada Selasa (9/7) pagi di Posyandu Wijaya Kusuma XV, Kelurahan Mustikajaya.

Menurut Kepala Puskesmas Mustikajaya, Neneng Sumiati, program ini bertujuan untuk meningkatkan mutu kesehatan keluarga, melalui perilaku hidup bersih dan sehat. “Kami terus lakukan program jemput bola untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pola hidup bersih dan sehat, termasuk melalui para kader Posyandu,” ulas Neneng.

Dengan bergulirnya program ini, Neneng berharap dapat mengurangi angka kesakitan di lingkungan masyarakat. “Terutama saat ini, kami sedang giat melakukan langkah-langkah preventif untuk mengantisipasi penyebaran penyakit DBD, dan kami merasa lega karena belum menemukan kasus DBD di masyarakat,” tegasnya.

Neneng lalu menyebut Puskesmas Mustikajaya juga menggulirkan program persalinan untuk memancing minat masyarakat agar memilih proses persalinannya di Puskesmas. “Kami siap menjemput masyarakat yang ingin melahirkan di Puskesmas, dan kami juga menjalankan program senam hamil setiap hari Sabtu, bekerjasama dengan salah satu rumah sakit swasta,” paparnya.

Dengan program-program inovatif ini, Neneng berharap masyarakat merasa puas dengan mutu layanan yang diberikan Puskesmas Mustikajaya. “Segala prestasi yang kami terima tentunya akan kami dedikasikan dan kami sumbangsihkan untuk masyarakat melalui peningkatan kinerja dan mutu pelayanan yang prima kepada masyarakat,” pungkasnya. (Moel/ri)

Comment

News Feed