by

Sahabat Maryadi Dan Komunitas Jawa Bekasi Adakan Pergelaran Wayang Semalam Suntuk

RUANGINDONESIA.COM – Sahabat Maryadi bersama Komunitas Jawa Bekasi mengadakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Kegiatan yang diadakan pada Sabtu (23/3) malam di Plaza Taman Harapan Baru, Kecamatan Medansatria, ini dihadiri sekitar seribu kalangan masyarakat yang mayoritas berasal dari suku Jawa yang berdomisili di wilayah Kota Bekasi.

Tampak, warga antusias melihat pagelaran wayang kulit. Selain, Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Bekasi, Maryadi. Kegiatan juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, Calon Anggota DPR RI dari Partai Golkar untuk Daerah Pemilihan Kota Bekasi dan Kota Depok, Heri Suko Martono dan Ade Puspitasari yang merupakan Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat yang juga dari Partai Golkar untuk Dapil Kota Bekasi dan Kota Depok dwngan nomor urut 2, serta sejumlah tokoh masyarakat Jawa.

Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Bekasi, Maryadi. dirinya bersama Sahabat Maryadi memilih wayang kulit, karena ini adalah salah satu warisan dari nenek moyang Indonesia.

“Kita harus melestarikannya. Dan juga untuk mempertegas ke Indonesiaan kita,” kata Maryadi.

“Kami ingin nilai-nilai luhur bangsa, jadi praktik dalam tindakan sehari-hari.
dan harapan saya dengan pertunjukan tersebut mampu memperkuat semangat kebangsaan, melalui makna dari lakon-lakon yang digelar,” sambungnya.

Semangat kebangsaan yang dihadirkan lewat wayangan ini, diharapkan dapat membawa pada tindakan keseharian agar selalu mengedepankan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi atau kelompok.

Maryadi mengajak seluruh kalangan masyarakat Jawa yang ada di Kota Bekasi agar ikut berperan serta dalam kegiatan pembangunan di Kota Bekasi.

“Karena ini sesuai dengan visi san misi Komunitas Jawa Bekasi dalam bidang ekonomi, kesenian, dan budaya,” papar Maryadi yang kembali mencalonkan diri dalam Pilleg 17 April nanti sebagai Caleg DPRD Kota Bekasi dari Partai Golkar untuk Dapil Kecamatan Medansatria dan Bekasi Barat dengan nomor urut 1 ini.

Ditempat yang sama, Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto menyambut baik kehadiran Komunitas Jawa Bekasi sebagai bagian dari masyarakat Kota Bekasi. “Hadirnya Komunitas Jawa Bekasi sebagai presentasi kebhinekaan Kota Bekasi yang masyarakatnya berasal dari beragam suku, agama dan ras,” ujarnya.

Tri menyatakan jumlah masyarakat daei suku Jawa yang tinggal di Kota Bekasi sudah mencapai 40 persen. “Saya apresiasi karena masyarakat suku Jawa bisa berbaur dan menjaga kerukunan beemasyarakat di Kota Bekasi ini,” imbuhnya.

Tri lalu menyampaikan rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi yang akan membangun Gedung Kesenian Jawa dalam waktu dekat.

“Semoga bisa memotivasi masyarakat suku Jawa untuk tetap menjaga kelestarian seni dan budaya Jawa meski saat ini tinggal di Kota Bekasi,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komunitas Jawa Bekasi, sekaligus Sahabat Maryadi, Suyanto menyampaikan penghargaannya terhadap rencana Pemkot Bekasi yang akan membangun Gedung Kesenian Jawa. “Kabar ini harus kita apresiasi bersama, dan ini juga menjadi wujud perhatian Pemkot Bekasi terhadap Komunitas Jawa,” Katanya. (Gib/RI)

Comment

News Feed