by

Hari Kartana Tanamkan 4 Pilar Ke Siswa SMK Karya Bangsa

-Politik-67 views

RUANGINDONESIA.COM – Anggota Fraksi Demokrat DPR RI, Hari Kartana mengajak siswa memiliki sikap bela negara dan memahami ideologi Pancasila dalam menjaga keutuhan bangsa. Hal itu disampaikan dalam
kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang berlangsung di
SMK Karya Bangsa, Tridaya Sakti, Tambun Selatan, Kamis (14/3/2019).

Ratusan siswa, guru dan berbagai tokoh masyarakat sekitar tampak turut hadir menyambut kedatangan Hari Kartana.

“Kehadiran saya di sini sebagai anggota DPR salah satu tugas kami adalah melakukan sosialisasi empat pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI,” Katanya.

Lebih lanjut Hari Kartana menjelaskan bahwa dalam empat pilar kehidupan kebangsaan Indonesia adalah Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dia menambahkan bahwa empat pilar tersebut harus dipahami dan amalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ditambah lagi, di Kabupaten Bekasi yang begitu heterogen, beragam suku, agama dan Ras. diharapkan dengan sosialisasi 4 Pilar ini, masyarakat bisa semakin mempererat persatuan dan kesatuan dalam bingkai Kebhinekaan.

Ia mengatakan, agar generasi muda mengedepankan sikap bersatu. Generasi muda mesti kembali menggairahkan empat pilar kebangsaan, yang diterapkan melalui sikap dan perilaku hidup sehari-hari.

Menurutnya, sampai saat ini Pancasila masih tetap relevan menjadi ideologi bangsa. Itu membuktikan bangsa Indonesia tetap mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

“Boleh kita berbangsa dengan suku dan bahasa setiap warga yang berbeda. Tetapi itu tidak boleh mengalahkan ideologi negara dan bhineka tunggal ika,” tuturnya.

Ia mengatakan, pentingnya sosialisasi empat pilar DPR – MPR RI agar dapat menciptakan karakter bangsa dalam setiap individu masyarakat.

“Empat pilar kebangsaan harus dimaknai sebagai alat untuk membangun sebuah bangsa,” ujarnya. (Ari/RI)

Comment

News Feed