by

Buka Rakerda Dekopinda, Wakil Wali Kota Bekasi Gagas Pembentukan Koperasi Jargas

RUANGINDONESIA.COM – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Bekasi menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IV untuk membahas program kerja di tahun 2019. Rakerda yang diselenggarakan di Hotel Amarossa Bekasi ini dibuka Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Kamis (13/3).

Kegiatan juga dirangkai dengan penandatanganan kerjasama antara Dekopinda Kota Bekasi dengan Asosiasi Manager Koperasi Indonesia dan Lembaga Akreditasi Profesi. Penandatanganan ini menandai perkembangan Dekopinda Kota Bekasi dalam rangka melebarkan sayap usaha dalam bidang perkoperasian di tanah air.

Saat membuka Rakerda ini, Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto sempat memaparkan pengalamannya yang aktif dalam koperasi saat masih bertugas di Dinas Perhubungan dan Dinas PUPR Kota Bekasi. “Koperasi ini sangat membantu anggotanya dalam rangka memenuhi kebutuhannya sehari-hari secara lebih awal,” tegasnya.

Tri lalu memberikan motivasi dengan melemparkan gagasan pembentukan koperasi untuk konsumen jaringan gas yang ada di Kota Bekasi. “Disini ada potensi untuk pengembangan usaha koperasi, tidak hanya mengandalkan usaha simpan-pinjam tapi ada jenis usaha lain, disamping untuk membantu perekonomian masyarakat kalangan bawah,” ujarnya.

Menurut Tri, koperasi merupakan perwujudan sikap gotong roying dan kepedulian masyarakat untuk saling mmmbantu kaum yang lemah. “Dan itu sudah saya rasakan sendiri saat saya masih bertugas di beberapa OPD saat silam,” katanya.

Lebih lanjut, Tri menyebutkan dukungan dari Pemkot Bekasi dalam rangka pengembangan koperasi yang ada. “Kita sudah meminta koperasi Bank Syariah untuk berkontribusi memberikan pinjaman modal usaha dengan bunga minim, untuk koperasi-koperasi yang membutuhkan,” ujarnya.

“Kita juga sudah melakukan pembinaan dalam rangka meningkatkan kemampuan usaha koperasi di Kota Bekasi. “Dengan pembinaan ini, kami berharap koperasi yangvada semakin maju dan mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya,” kata Tri.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dekopinda Kota Bekasi Anim Imamudin menjelaskan beberapa proyeksi program kerja yangvakan dilaksanakan di tahun 2019. “Pertama, terkait kerja sama dengan penerintah daerah, kemudian terkait pelatihan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan tekhnologi digital, misalnya melalui penerapan manajemen koperasi sistem online,” papar Anim yang trlah sukses membesarkan Koperasi Pasar Kranggan ini.

Anim juga menyebutkan bebberapa program di tahun lalu yang belum terlaksana dan menjadi prioritas utama dilaksanakan tahun ini. “Salah satunya terkait penyediaan gedung untuk Dekopinda Kota Bekasi, dan kami lega karena Pemkot Bekasi sudah merespon positif,” ulasnya.

Anim berharap seluruh rencana program kerja dapat dilaksanakan Dekopinda Kota Bekasi demi mengembangkan usaha koperasi yang ada. “Sehingga Dekopinda Kota Bekasi mampu berperan serta mengkonsolidasi gerakan koperasi di Kota Bekasi dan newujudkan peran koperasi sebagai lokomotif pembangunan ekonomi secara nasional,” harapnya. (Moel/ri)

Comment

News Feed