by

Kecepatan 350 Km/Jam, Jakarta – Bandung Cukup 45 Menit

-Bisnis, News-144 views

RUANGINDONESIA.COM – Masyarakat tidak perlu lagi membuang waktu berjam-jam untuk menempuh perjalanan dari Jakarta ke Bandung atau sebaliknya, jika proyek pembangunan kereta api cepat rampung dikerjakan. Dengan kecepatan 350 kilometer/jam, perjalanan Jakarta menuju Bandung hanya butuh waktu sekitar 45 menit dengan kereta api cepat ini.

Rencananya, proyek pembangunan moda transportasi massal yakni Kereta Api Cepat jurusan Jakarta – Bandung ditargetkan rampung seluruhnya pada tahun 2021 mendatang. Untuk tahun ini, pihak Wijaya Karya selaku perusahaan konstruksi milik negara menargetkan proyek pembangunan kereta api cepat terealisasi 60 persen.

Pengembangan jalur kereta api juga akan diikuti oleh pembangunan proyek-proyek pengembangan berorientasi transit utama (TOD) di empat titik di sepanjang jalan.

“Kami belum memulai TOD (proyek) karena sekarang kami memprioritaskan penyelesaian semua pekerjaan di bidang utama. Segera setelah itu, kami dapat bekerja pada TOD,” kata Presiden Direktur PT WIKA, Tumiyana.

Menurut Tumiyana, WIKA berencana untuk membangun satu proyek TOD di Halim, yang akan mencakup kompleks perumahan dan perbelanjaan yang dibangun di atas lahan 4 hektar yang terletak di dekat stasiun. Kompleks di Halim juga akan berfungsi sebagai area transit, yang akan terhubung dengan Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Light Rapid Transit (LRT) dan bus Transjakarta yang akan datang.

Sementara di Walini, WIKA berencana untuk membuka kota baru, yang menawarkan tempat agrowisata dikombinasikan dengan pendidikan dan pusat penelitian, seperti universitas, serta fasilitas kesehatan terintegrasi. Beberapa bagian dari wilayah Walini akan dikembangkan menjadi tempat wisata internasional.

“Untuk Walini, sekarang kami sedang mendesain ulang TOD. Sebelumnya, kami berencana untuk membangunnya di atas lahan seluas 1.200 ha, sekarang akan dirancang untuk mencakup area seluas 5.000 hektar,” papar Tumiyana. (Moel/ri)

Comment

News Feed