by

Upaya Cegah Meluasnya DBD, Kelurahan Jatirangga Gelar Grebek K3 dan PSN

RUANGINDONESIA.COM – Aksi kebersihan, keindahan dan ketertiban (K3) terus dilakukan oleh aparatur Kelurahan Jatirangga. Aksi dengan melibatkan warga dan aparatur kelurahan ini, selain untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat juga bagian dari upaya mendapatkan penghargaan Adipura.

Berbeda dengan seperti biasanya, dalam Grebek K3 kali ini selain diikuti oleh ketua RW dan RT juga bergabung dari beberapa unsur seperti, Puskesmas, pos  yandu dan  jumantik. Hal ini dikarenakan selain untuk membuat wilayah jatirangga bersih, juga dalam upaya mencegah meluasnya warga Jatirangga terkena penyakit DBD.

Dari pantauan pilarrepublik.id ada sekitar seratus orang dari berbagai unsur mengikuti apel dan penyuluhan sebelum melakukan Grebek K3 dan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dilakukan.

“Iya, kegiatan kali ini tidak hanya melakukan bersih-bersih jalan dan saluran di jalan protokol saja, tetapi ke jalan lingkungan dan melakukan fogging,” Demikian dikatakan lurah Jatirangga, Ahmad Apandi.

Lebih lanjut, Apandi mengaku, aksi
ini tidak hanya sekedar untuk mendapat penilaian adipura saja. Namun, salah satu upaya untuk membentuk budaya bersih dan sehat dilingkungan masyarakat. Selain selalu memantau lingkungan RW nya yang terlihat kurang rapih untuk mengadakan grebek K3 Pihaknya telah mengeluarkan himbauan kepada setiap RW di lingkungannya untuk melakukan K3 agar lingkungan selalu terlihat indah.

“Terkait untuk mencegah meluasnya penyakit DBD, kami sudah memberikan surat edaran kepada RT dan RW agar selalu menjaga lingkungan dengan cara membersihkan tempat sarang nyamuk berkembang biak,” kata Apandi yang mengaku sudah ada 22 orang warganya yang terkena DBD.

Ia juga berharap pasca dilakukannya Grebek K3 dan PSN, warganya lebih lebih memperhatikan dan menjaga kebersihan dilingkungan masing-masing guna mengantisipasi meluasnya wabah DBD dengan cara mengenal tanda awal penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk malaria ini.

“Sekarang ini musim DBD, saya berharap agar warga lebih maksimal lagi menjaga kebersihan dilingkunganya. Kalau ada warga yang terindikasi terkena gejala DBD agar segera ke Puskesmas melakukan pengecekan, jangan sampai sudah positif DBD baru berobat,”.pungkasnya. (Dit/ri)

Comment

News Feed