by

Pemkot Bekasi Bakal Cetak 130 Ribu KIA Tahun Ini

RUANGINDONESIA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi merespon positif antusiasme masyarakat yang ingin memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Karenanya, sebanyak 130.000 kartu untuk KIA siap dicetak di tahun 2019 ini.

Untuk itu, masyarakat dihimbau tidak perlu khawatir tidak kebagian kartu yang berfungsi sebagai idenritas anak tersebut. Masyarakat juga dihimbau tidak perlu terburur-buru dan berbondong-bondong datang ke kantor kecamatan untuk mengurus KIA.

Pesan ini disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi Taufiq R Hidayat saat dihubungi via telepon, Rabu (6/2). Ia memastikan sampai saat ini KIA tidak menjadi syarat mutlak anak untuk masuk sekolah.

“Yang harus dipahami pertama-tama, KIA bukan sebagai syarat masuk sekolah, sepanjang masyarakat memiliki Akta Lahir dan Kartu Keluarga. Jadi masyarakat tidak perlu terburu-buru mengurus KIA dengan datang berbondong-bondong ke kantor kecamatan,” ulas Taufiq.

Mantan Camat Medansatria ini menjelaskan, Pemkot Bekasi akan mempermudah masyarakat dalam proses pembuatan KIA. “Kami akan mengendalikan proses pengurusan KIA di tingkat wilayah RW masing-masing, dengan memberdayakan fungsi perugas Pemantauan dan Monitoring atau Pamor,”

Taufiq mengakui Kota Bekasi sudah mendapatkan pinjaman blanko KIA dari wilayaj tetangga, yakni Kabupaten Bekasi, Kota Depok, dan Bogor. “Total jumlah pinjaman blanko yang kami terima sebanyak 30.000 lembar dan sudah habis kamo distribusikan ke seluruh kecamatan,” ujarnya.

Untuk proyeksi tahun 2019, Taufiq menyebutkan Pemkot Bekasi siap mencetak 130.000 lembar KIA untuk masyarakat. “Saat ini masih dalam proses lelang, dan mudah-mudahan proses lelang ini rampung akhir Februari ini,” pungkasnya. (Moel/ri)

Comment

News Feed