by

Dedikasi Perwujudan Kota Toleransi, Forbakti Ganjar FBR Kota Bekasi Penghargaan

RUANGINDONESIA.COM – Forum Umat Nasrani Bagi Kota Ikhsan Bekasi (Forbakti) Kota Bekasi kembali melakukan safari silaturahmi dengan kalangan stakeholder yang dianggap memiliki peran terhadap peraihan prestasi yang disabet Kota Bekasi sebagai Kota Toleransi. Selain bersilaturahmi, organisasi yang mewakili umat Nasrani di Kota Bekasi ini juga menyiapkan sebuah plakat penghargaan.

Bila sebelumnya penghargaan diberikan kepada jajaran Polres Metro Bekasi Kota belum lama ini, maka penghargaan selanjutnya diberikan kepada organisasi masyarakat (Ormas) Forum Betawi Rempug (FBR) Korwil Kota Bekasi. Penyerahan plakat penghargaan ini diberikan Jumat (24/1) siang di Sekretariat FBR Korwil Kota Bekasi, Pekayonjaya, Bekasi Selatan.

Plakat penghargaan diserahkan langsung Ketua Ketua Forbakti Kota Bekasi Pdt Djajang Buntoro yang didampingi Sekretaris Forbakti Kota Bekasi Pdt Suhartono, beserta segenap pengurus Forbakti Kota Bekasi lainnya. Sementara, penghargaan diterima Ketua Korwil FBR Kota Bekasi Noval Said, didampingi Anwar Sadat selaku PR FBR, Korwil Kota Bekasi Humas FBR Korwil Kota Bekasi M Catur B, dan Umar Hakim selaku Legal FBR Korwil Kota Bekasi.

Seusai pertemuan tersebut, Ketua Korwil FBR Kota Bekasi Noval Said menyambut positif jalinan silaturahmi lintas organisasi ini. “Nama Forbakti bukan sesuatu yang baru bagi kami, karena kami pernah bekerja bersama-sama dalam kegiatan aksi kebersihan, dan akhirnya kami saling mengenal masing-masing pengurus,” ujarnya.

Noval menilai silaturahmi lintas organisasi akan menambah keharmonisan dan kerukunan hidup di wilayah Kota Bekasi. “Dengan adanya silaturahmi, tidak ada lagi batasan latar belakang suku, ras, atau agama. Yang jelas, selama mereka tinggal di Kota Bekasi, maka mereka menjadi bagian dari saudara kami,” tegasnya.

Lebih lanjut Noval menghimbau kepada seluruh pengurus Forbakti agar melakukan silaturahmi dengan seluruh Ormas yang ada di Kota Bekasi. “Jangan hanya mengenal FBR, tapi juga harus mengenal Ormas lainnya, bahkan kami siap mengumpulkan seluruh Ormas untuk kami perkenalkan kepada Forbakti,” imbuhnya.

Noval lalu menghimbau kepada seluruh jajarannya agar selalu menjaga stabilitas keamanan lingkungan masyarakat, terutama di tahun politik 2019 ini. “Sesuai program dari Ketua Umum FBR, kami akan selalu menjaga kampung kami masing-masing, tetap jaga kondusifitas kampung kita biar aman, rukun dan damai,” katanya.

Sementara itu, Ketua Forbakti Kota Bekasi Pdt Djajang Buntoro menyampaikan pendapatnya terkait dedikasi dan kontribusi yang dilaksanakan Ormas FBR dalam menjaga kerukunan hidup umat beragama di Kota Bekasi. “Kita tahu bersama sebelumnya Kota Bekasi merupakan kota ketiga intoleransi di tingkat nasional, dan tahun ini Kota Bekasi mendapat prestasi sebagai Kota Toleransi dengan menempati peringkat keenam di tingkat nasional,” ujarnya.

“Tentunya ini merupakan hasil kerja keras dari Pak Wali Kota bersama seluruh jajaran Polrestro Bekasi Kota dan Kodim 0507/BKS yang merupakan unsur Tiga Pilar Kota Bekasi. Tapi saya juga melihat bahwa Ormas FBR sebagai salah satu Ormas besar di Kota Bekasi ini ikut berkarya nyata dalam menjaga toleransi, kesatuan dan persatuan NKRI, kerukunan dan kedamaian hidup umat di Kota Bekasi,” papar Djajang.

“Itulah sebabnya, saya mewakili umat Nasrani di Forbakti Kota Bekasi memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap dedikasi FBR, terutama saat musim Pilkada lalu. Jadi, penghargaan ini bukan cuma ujug-ujug kami berikan,” ungkap Djajang.

Djajang juga menilai positif program kerja FBR yang ikut menjaga keamanan kampung sendiri sehingga masyarakat ikut merasa tenang dan rukun. “Wajah mereka mungkin sangar dan menakutkan, tapi ternyata mereka memiliki jiwa yang kuat untuk ikut bertanggung jawab menjaga kampung mereka, dan mereka juga ramah kepada kaum pendatang asal pendatang tersebut juga ramah dan sopan kepada lingkungan, dan ini merupakan perwujudan karakter asli masyarakat suku Betawi yang ramah dan cinta damai,” ulasnya. (Moel/ri)

Comment

News Feed