by

Rahmawati Nilai Pencegahan Narkoba Gunakan Media Video Tidak Efektif

RUANGINDONESIA.COM – Berbagai kalangan masyarakat pesimis jika upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan Narkoba bagi kalangan pelajar dengan menggunakan media video atau pemutaran film. Dengan menonton film atau video, pelajar justru akan mengenal jenis Narkoba dan selanjutnya akan penasaran ingin mencobanya.

Sikap tidak sepakat terhadap penggunaan media video atau film untuk metode pencegahan Naekoba di kalangan oelajar ini juga dinyatakan anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi Golkar, Rahmawati. Menurutnya, kalangan pelajar akan terdorong rasa penasaran untuk mencoba atau mencicipi Narkoba setelah dipertontonkan tentang beragam jenis dan cara menggunakan Narkoba.

“Secara pribadi, saya tidak sepakat dengan metode pencegahan Narkoba dengan cara pemutaran film atau video. Meride ini tidak akan efektif, justru akan mengajarkan pelajar untuk mencoba mencicipi Narkoba,” kata Rahmawati, seusai menghadiri Musrenbang tingkat Kelurahan Jakamulya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kamis (17/1).

Rahmawati yang merupakan Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Bekasi ini menilai usia kalangan pelajar masih memiliki jiwa yang labil dan dipenuhi rasa penasaran ingin mencoba sesuatu yang baru. “Pasti pelajar menjadi penasaran, seperti apa rasanya menggunakan Narkoba, terlebih lagi mereka diberikan tontonan tentang cara memakai Narkoba. Nah, para pelajar pasti semakin penasaran,” ulasnya.

Alangkah lebih baik, kata Rahmawati, jika para pelajar jangan pernah diperkenalkan oleh Narkoba atau obat-obatan terlarang. “Jangan pernah dikenalkan kepada Narkoba, dari pada setelah mengenal lalu penasaran ingin mencoba atau mencicipinya,” kata dia.

Selain itu, fungsi pengawasan dari para guru dan orangtua akan lebih efektif untuk menghindarkan dampak negatif Narkoba kepada kalangan pelajar. “Makanya, sekali-kali kami akan melakukan Sidak ke sekolah-sekolah bersama petugas dari Puskesmas, sekaligus memberikan sosialisasi kepada kalangan pelajar tentang bahaya Narkoba. Saya berpesan kepada para pelajar agar jangan sekali-kali mengenal apalagi menggunakan Narkoba,” pungkasnya. (Moel/ri)

Comment

News Feed