by

Bus Sekolah yang Ditunggu Siswa Kota Bekasi Akhirnya Datang Juga

RUANGINDONESIA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi memulai operasional bus sekolah sebagai sarana transportasi umum untuk kalangan pelajar, Kamis (10/1). Sementara, baru ada satu unit bus sekolah yang beroperasi pada peluncuran perdana ini untuk melayani rute SMPN 3, SMPN 1, SMPN 18, SMPN 2 dan terakhir ke SMPN 18.

Dalam tahap ujicoba ini, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi berkesempatan melakukan test drive bus sekolah dan mengantar langsung siswa yang hendak berangkat ke sekolahnya masing-masing. Tampak rasa senang terlihat di wajah para siswa saat melihat sopir bus sekolah yang mereka tumpangi adalah Wali Kota mereka sendiri.

Wali Kota Bekasi menyatakan rencana Pemkot Bekasi untuk menambah unit bus sekolah, serta jalur atau rute yang dilalui. Bus sekolah ini, jelasnya, sengaja diluncurkan guna menjawab keresahan para orangtua murid terkait larangan pelajar membawa kendaraan ke sekolah serta memberikan fasilitas transportasi yang aman dan nyaman bagi para siswa untuk menuju ke sekolah.

“Jaman Bapak dulu, sekolah itu masih jalan kaki. Saat ini alhamdulillah, pada hari ini Pemerintah Kota Bekasi luncurkan bus sekolah. Ini merupakan jawaban terkait larangan pelajar membawa kendaraan ke sekolah,” kata Wali Kota.

Keberadaan bus sekolah ini, menurut Wali Kota, merupakan implementasi perwujudan Kota Bekasi sebagai Kota Layak Anak. “Armada bus sekolah ini memang diprioritaskan untuk semua kalangan pelajar,” imbuhnya.

Makanya harapan kedepannya, 6 unit armada bus sekolah akan disiapkan. Akan tetapi, kedepan jumlahnya bisa bertambah. Seiring dengan minat siswa menggunakan bus pemerintah tersebut tinggi. Tak hanya itu, trayeknya juga akan ditambah. Terutama, wilayah yang tidak ada akses kendaraan umum.

Dengan adanya bus sekolah ini, lanjut Walikota Bekasi, pihaknya berharap para pelajar tak lagi membawa kendaraan ke sekolah. “Sebab, banyak hal negatif ketika pelajar membawa kendaraan. Seperti, melanggar Undang-Undang Lalulintas, karena mayoritas mereka belum cukup umur untuk memiliki Surat Ijin Mengemudi,” pungkasnya. (Moel/ri)

Comment

News Feed