by

Jauh Dekat Rp 4.000, Ini Tarif Bus Trans Patriot

RUANGINDONESIA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mulai menerapkan tarif untuk moda transportasi massal Trans Patriot. Besaran tarif yang dikenakan adalah Rp 4.000 untuk rute Terminal Bekasi-Harapan Indah atau sebaliknya.

Menurut Humas dan Bagian Hukum Perusahaan Daerah Mitra Patriot, Iqbal Daud, penetapan tarif ini mengacu Surat Keputusan Kadishub Kota Bekasi Nomor 551.2/Kep.4764-Dishub/XII/2018 tentang Tarif Angkutan Umum Massal Bus Trans Patriot. “Intinya dalam keputusan tersebut menetapkan besaran tarif sebesar Rp 4.000, dan berlaku untuk komulatif atau flat, artinya berlaku untuk semua golongan penumpang dan jauh dekat,” paparnya.

Iqbal mengaku besaran tarif yang dikenakan ini sudah meliputi penambahan subsidi dari Pemkot Bekasi. “Sudah jelas ada subsidi, kami tidak mungkin menutupi biaya operasional dan biaya perawatan dengan tarif sebesar itu jika tidak didukung subsidi,” tegasnya.

Iqbal memastikan tarif yang sudah ditentukan sudah sesuai dengan peehitungan jarak tempuh rute yang relatif jauh, dan kondisi bus yang nyaman. “Masyarakat nyaman memanfaatkan angkutan Bus Trans Patriot ini, karena dilengkapi AC, jika dibandingjan dengan tarif angkutan umun lainnya yang ada di Kota Bekasi, kami yakin tarif ini bisa diterima masyarakat,” paparnya.

Selaku pengelola Trans Patriot, Iqbal menyatakan PD Mitra Patriot memastikan rute Bus Trans Patriot terintegrasi dengan jalur transportasi massal Trans Jakarta. “Jalur transportasi yang terintegrasi ini sangat membantu mengurau kemacetan, dan memudahkan masyarakat untuk beralih dari menggunakan angkutan umum dari pada menggunakan kendaraan pribadi,” ulasnya.

Iqbal juga mengatakan pihaknya terus melakukan kajian dengan pihak Dinas Perhubungan Kota Bekasi selaku pemberi regulasi untuk membahas soal penambahan trayek baru. “Kami mempertimbangkan tiga aspek, yakni yuridis, teknis dan sosial. “Dinas Perhubungan yang memiliki kewenangan untuk menerbitkan ijin trayek, kami hanya mengusulkan. Ini yang dikaji, apakah trayek baru nanti bersentuhan dengan jalur angkutan umum lainnya atau tidak, karena akan berpengaruh terhadap aspek sosial dan ekonomis,” katanya.

Terkait jumlah unit bus yang beroperasi, Iqbal menyebutkan sampai saat ini masih menggunakan sembilan unit Bus Trans Patriot. “Sedangkan penambahan 20 bus dari bantuan hibah kemarin masih dalam proses serah terima dari Pemkot Bekasi kepada PD Mitra Patriot, terkait regulasi, berita acara serta studi kelayakan,” jelasnya. (Moel/ri)

Comment

News Feed