by

Deklarasi Stop BAB Sembarangan Rambah Masyarakat Jakamulya

RUANGINDONESIA.COM – Masyarakat dari 10 RW di wilayah Kelurahan Jakamulya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, menandatangani deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Anti Buang Air Besar (BAB) Sembarangan, Kamis (20/12). Deklarasi ini disaksikan pihak Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Kantor Kecamatan Bekasi Selatan, para Kepala Puskesmas, dan tokoh masyarakat setempat.

Komitmen stop BAB sembarangan ini merupakan komitmen masyarakat untuk meningkatkan pola hidup sehat dan bersih. Program ini juga tindak lanjut dari program sanitasi berbasis masyarakat yang digiatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekaei, diantaranya dengan membangun jamban yang layak untuk masyarakat.

Usaii kegiatan deklarasi, Kepala Puskesmas Jakamulya dr Dedes Nurbayati menjelaskan deklarasi ini diikuti 10 RW dari 16 RW yang ada di wilayah Kelurahan Jakamulya. “Masih ada sekitar 115 keluarga yang tersebar di 6 RW, yang masih belum ODF,” ulasnya.

Untuk mencanangkan pola hidup sehat melalui sanitasi berbasis masyarakat, kata Dedes, diperlukannya pemahaman serta kesadaran masyarakat untuk membiasakan tidak buang air besar di sembarang tempat. “Karena kebiasaan buang air besar secara sembarangan ini akan berdampak tidak baik bagi kesehatan,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Lurah Jakamulya Bahrudin berharap deklarasi ini akam berpengaruh terhadap tingkat disiplin masyarakat dalam me erapkan pola hidup sehat. “Kami dari aparatur pemerintahan akan terus memberikan pemahaman kepada masyarakat secara berkesinambungan, salah satunya melalui deklarasi seperti ini,” ulasnya. (Moel/ri)

Comment

News Feed