by

KPU Kota Bekasi Tetapkan DPT Pemilu 2019

-News, Politik-210 views

RUANGINDONESIA.COM – Setelah melalui sidang pleno terbuka yang digelar Senin (10/12), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi akhirnya menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Hasil Perbaikan Kedua untuk Pemilu 2019. Hasilnya, sebanyak 1.682.120 jiwa ditetapkan memiliki hak pilih untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Anggota Legislatif (Pilleg) mendatang.

Rapat pleno yang dilaksanakan dari sore hingga malam hari itu dipimpin oleh Ketua KPU Nurul Sumarheni, bersama Komisioner KPU Kota Bekasi diantaranya Achmad Edwin Sholihin (Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Bekasi), Yunita Utami Panuntun (Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Bekasi), Pedro Purnama Kalangi (Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Bekasi). Rapat pleno ini juga disaksikan Novita Ulya Hastuti (Komisioner Bawaslu Kota Bekasi divisi Sengketa) dan Ali Syaefa (Komisioner Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga).

Tampak hadir pada pleno KPU Kota Bekasi tadi, perwakilan 16 Partai Politik peserta Pemilu 2019. Diantaranya PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, Garuda, Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PSI, PAN, Hanura, Demokrat, PBB dan PKPI.

Jumlah DPT Kota Bekasi ini bertambah sebanyak 62.049 jiwa, dari data sebelumnya sebanyak 1.620.000 jiwa yang terdata dalam DPTHP2, pada 13 November 2018. Dari data tersebut, tercatat jumlah pemilih jenis kelamin laki-laki 835.862 jiwa dan perempuan 845.258 jiwa.

Menurut Ketua KPU Kota Bekasi Nurul Sumarheny, bertambahnya jumlah DPT akan berdampak juga terhadap bertambahnya jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). “TPS Kota Bekasi bertambah sebanyak 220 TPS. Sebelumnya, ada 6.500 TPS, maka setelah penambahan menjadi 6.720 TPS. Ada penambahan untuk bilik suara, dan kotak suara,” ulas dia. (Moel/ri)

Comment

News Feed