by

BKN Klaim Seleksi CPNS 2018 Terbesar Pertama Kali Di Indonesia

-Nasional-59 views

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengakui, pelaksaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 merupakan kegiatan seleksi CPNS terbesar pertama kali sejak Indonesia merdeka.

Pasalnya, pelaksaan seleksi CPNS tahun 2018 kali ini dilaksanakan di 601 instansi meliputi kabupaten-kota, provinsi, kementerian, dan lembaga-lembaga kementerian.

“Jadi, pelaksanaan tes CPNS atau seleksi CPNS tahun 2018 ini merupakan salah satu kegiatan yang mungkin pertama kalinya sejak Indonesia merdeka melaksanakan seleksi di 601 instansi,” ujar Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Iwan Hermanto saat ditemui di Gedung Bagas Raya, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Senin (10/12/2018).

Iwan mengungkapkan, ada sekitar 238.015 peserta yang akan direkrut pada seleksi CPNS tahun 2018 kali ini untuk mengisi formasi jabatan yang ada 601 instansi tersebut.

Sedangkan, jumlah peserta yang mendaftarkan diri pada seleksi CPNS kali ini hampir mendekati angkat 5 juta peserta melalui sistem online satu pintu yang telah terintegrasi.

Penyelenggaraan seleksi CPNS sendiri, kata Iwan, dilakukan serentak di seluruh Indonesia yang tersebar dari beberapa ratus titik, mulai dari sabang sampai merauke.

Namun, ada beberapa wilayah yang harus dilakukan penundaan terhadap proses penyelenggaraan seleksi CPNS, meliputi sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah, salah satunya Kota Palu lantaran paska terjadinya bencana alam gempa.

“Selain karna adanya bencana di empat kota di Sulawesi Tengah, kita juga menunda proses seleksi di Papua karna disana (Papua) belum siap insfatruktur,” ungkap Iwan.

(Kub)

Comment

News Feed