by

Tri Adhianto Pimpin Aksi Penanaman 200 Pohon Sukun di Folder Air Aren Jaya

RUANGINDONESIA.COM – Sebagai bentuk program penghijauan lingkungan dan penganekaragaman pangan, para unsur masyarakat, perwakilan pelajar dan aparatur Pemerintahan Kota Bekasi serentak melakukan penanaman 200 bibit pohon Sukun di folder air Aren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Sabtu, (8/12) pagi. Penanaman pohon dilakukan serentak di sekitar areal folder air, dan ditandai dibunyikan sirine oleh Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto bersama unsur Muspika Bekasi Timur.

Wakil Wali Kota Bekasi Dr Tri Adhianto mengatakan penanaman pohon sukun menjadi program pelestarian lingkungan pemkot Bekasi dengan mengajak partisipasi masyarakat. Kata dia, hingga kini sudah ada 600 bibit pohon sukun ditanam di wilayah Kota Bekasi dan terakhir penanaman dilakukan di sepanjang Kali Baru, Pangeran Jayakarta.

“Memasuki Minggu ke tiga, dan hari ini kita terus bergerak menghijaukan kota Bekasi yang kemarin sempat dibully karena dibilang Kota Bekasi panas. Sekarang 200 bibit sehingga sudah ada 600 pohon sukun ditanam. Kedepan bisa menyeluruh di 12 Kecamatan,” ungkap Tri Adhianto.

Bila nanti pohon sukun tumbuh besar, buahnya bisa diolah menjadi panganan berkarbohidrat sebagai pengganti nasi. Bibit sukun berasal dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi. “Sukun berbuah sepanjang tahun dan bisa dinikmati. Seperti lagu yang dinyanyikan aparatur dinas ketahanan pangan, olahan bersumber daya lokal yang bergizi dan seimbang. Lewat olahan buah sukun sebagai pengganti nasi,” tambahnya.

Lanjut Tri, penanaman pohon dilakukan di lokasi yang memungkinkan ditanami seperti di sekitaran folder air atau waduk. Disamping berfungsi sebagai pencegah banjir, folder air juga bisa menjadi daya tarik wisata baru bagi masyarakat. Kata dia sudah ada yang mengelola seperti di Folder Air Pengasinan di Kecamatan Rawalumbu.

“Bisa mencontoh di Folder Air Pengasinan yang dikelola unsur karang taruna. Di situ kerap diadakan lomba memancing tiap minggunya sehingga mendorong ekonomi warga juga. Memungkinkan folder ada wisata flying fox dan dan wisata perahu,” ungkap Tri menambahkan Pemerintah Kota Bekasi sudah merancang pembuatan destinasi wisata baru di Situ Rawa Gede. (Moel/ri)

Comment

News Feed