by

Penilaian Kesatuan Gerak PKK dan KB Kesehatan, DPPKB Kota Bekasi Optimis Raih Hasil Terbaik Tingkat Jabar

RUANGINDONESIA.COM – Tim penilai Lomba Kesatuan Gerak PKK dan KB Kesehatan dari Provinsi Jawa Barat (Jabar) meninjau wilayah Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Kamis (6/12) pagi. Kedatangan tim penilai disambut Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bekasi Hj Gunarti Rahmat Effendi, dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bekasi Nellyana Koesman.

Kelurahan Kayuringin Jaya mewakili Kota Bekasi untuk mengikuti penilaian tahap kedua Lomba Kesatuan Gerak PKK dan KB Kesehatan Tingkat Jabar 2018. Menghadapi penilaian ini, Kelurahan Kayuringin Jaya menyiapkan Kampung KB ‘Parkit’ yang berada di RW 23, serta percontohan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) serta Lingkungan Bersih Sehat yang berada di lingkungan RW 11.

Kepala DPPKB Kota Bekasi Nellyana Koesman saat menyampaikan sambutan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyatakan kegiatan Kesatuan Gerak PKK dan KB Kesehatan ini merupakan kegiatan terpadu dan terintegrasi antara Tim Penggerak PKK yang memikiji 10 Program Pokok PKK dengan DPPKB, Dinas Kesehatan, DPPPA, dan Dinas Lingkungan Hidup. “Melalui kegiatan ini, PKK diharapkan mampu mendorong serta menumbuhkembangkan sikap dan perilaku kemandirian keluarga dan masyarakat dalam rangka mencapai kesejahteraan keluarga,” ulasnya.

Lebih lanjut Nellyana mengatakan harapannya terkait kegiatan ini, untuk memberdayakan keluarga dalam rangka meningjatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya kesehatan serta perilaku hidup bersih dan sehat. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak, demi mewujudkan norma keluarga kecil bahagia sejahtera,” katanya.

Mengakhiri sambutannya, Nellyana berharap tim penilai mempertimbangkan Kelurahan Kayuringin Jaya sebagai yang terbaik diantara yang baik di Provinsi Jabar. “Kami optimis raih hasil terbaik dengan semangat kerja kami bersama para kader PKK dan kader KB secara maksimal,” harapnya.

Harapan yang sama juga disampaikan Ketua TP PKK Kota Bekasi Hj Gunarti Rahmat Effendi. “Tentu siapa saja pasti berharap hasil maksimal, karena program ini sudah terserap secara merata di seluruh lingkungan RW, serta sesuai sasarannya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga yang mandiri,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai dari Pemprov Jabar Lia Lestari menyampaikan pujiannya terhadap sambutan yang diberikan kalangan masyarakat Kota Bekasi dalam penilaian ini. “Begitu akrabnya kalangan pemerintahan dan masyarakat Kota Bekasi dalam menerima kehadiran kami, dan saya harapkan seluruh indikator penilaian dappat terpenuhi dalam penilaian tahap kedua ini,” jelasnya.

Menurut Lia, proses rechecking ini dilaksanakan setelah Kota Bekasi menyisihkan 27 kota dan kabupaten lainnya dalam penilaian tahap pertama. “Saat ini sudah memasuki penilaian tiga besar, dan untuk kota atau kabupaten yang merqih prestasi terbaik pertama, akan diikutsertakan dalam penilaian tingkat nasional,” imbuhnya. (Moel/ri)

Comment

News Feed