by

Peringati Hari Disabilitas Internasional di Kota Bekasi, Jokowi Bakal Buka Kesempatan Kerja Khusus Kaum Disabel

RUANGINDONESIA.COM – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menghadiri agenda Hari Disabilitas Internasional (HDI) di Summarecon Mal Bekasi, Kota Bekasi Jawa Barat, Senin (3/12/2018).

Adapun tema yang diusung pada Hari Disabilitas Internasional tahun 2018 yaitu “Empowering persons with disabilities and ensuring inclusiviness and equality”. Dan tema Nasional adalah “Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas”.

Pada kesempatan ini, Jokowi menyatakan akan segera merealisasikan pembangunan pabrik khusus bagi penyandang disabilitas yang sempat digagas pada tahun 2014 silam.

“4 tahun lalu saya mendapat usulan membuat pabrik untuk penyandang disabilitas, waktu itu katanya mau cari tanahnya, saya tunggu-tunggu sampai sekarang belum ada kabar. Hari ini saya perintahkan Menteri Sosial selesaikan masalah ini,” kata Jokowi, Senin (3/12/2018).

Menurutnya, hak-hak penyandang disabilitas sudah diatur dalam undang-undang. Namun, ia ingin mengimplementasikan hal yang lebih ril bagi orang-orang berkebutuhan khusus.

“Pabriknya nanti ya bisa macam-macam. Contohnya seperti garmen, elektronik atau yang lainnya. Harus ada wadah yang diberikan oleh negara untuk penyandang disabilitas,” ujarnya.

Disamping itu, Jokowi mengapresiasi penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018 yang terselenggara belum lama ini. Menurutnya, hal itu menjadi prestasi gemilang bagi para atlet.

“Indonesia menempati posisi peringkat ke-5 dengan perolehan 37 emas. Sebelumnya pada tahun 2014 Indonesia menempati posisi ke-9. Atlet yang mendapatkan emas baik Asian Games dan Asian Para Games saya setarakan dengan bonus uang sebesar Rp1,5 triliun, perak Rp500 juta dan perunggu Rp250 juta,” jelasnya.

Pada kesempatan ini pula diluar Atlet Asian Para Games. Presiden Jokowi memberikan sejumlah bonus kepada penyandang disabilitas berprestasi. Selain itu memberikan 2000 alat bantu dengar dan 1000 kursi roda. (Kub/ri)

Comment

News Feed