by

Kaum Disabel Pun Ingin Dilibatkan dalam Giat Pembangunan

RUANGINDONESIA.COM – Ketua Umum Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Gufroni Sakaril, mempunyai harapan besar pada kesempatan Hari Disabilitas Internasional (HDI).

Dengan tema “Empowering persons with disabilities and ensuring inclusiviness and equality”. Dan tema Nasional adalah “Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas”. Ia berharap, semua kepala daerah dapat melibatkan penyandang disabilitas dalam setiap rencana pembangunan.

“Saya mohon para menteri dan kepala daerah di Indonesia mulai dari gubernur, walikota maupun bupati dapat mengajak penyandang disabilitas dalam perencanaan pembangunan, mulai dari desa atau kelurahan. Karena yang tahu percis kebutuhan adalah penyandang disabilitas,” kata dia di Summarecon Mal Bekasi, Kota Bekasi, Jawa Barat, yang dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Senin (3/12/2018).

Ia mengapresiasi Presiden Jokowi yang menyabet penghargaan tertinggu Asia Powerlifting Comite dan Internasional Powerlifting Comite pada tahun 2018 ini.

“Dengan demikian, kami juga berharap negara selalu hadir untuk penyandang disabilitas. Jangan dilihat dari angka, 1 disabilitas itu harus diperhatikan. Tema ini mengingatkan kita betapa pentingnya bersaudara. Prmbangunan harus inklusif,” ujarnya.

Gufroni juga tidak menyangka jika peringatan HDI terselenggara di luar istana negara. Soalnya, beberapa tahun lalu HDI selalu digelar di dalam istana negara.

“Ini pertama kalinya Presiden hadir kegiatan HDI di luar istana. Biasanya kami menemui Presiden itu di dalam istana. Dan saya memohon agar negara merealisasikan dan memudahkan hak-hak penyandang disabilitas sesuai dengan undang-undang nomor 8 tentang disabilitas,” tandasnya. (Kub/ri)

Comment

News Feed