by

Fraksi Partai Golkar Komitmen Perjuangkan Hak Disabilitas

Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Bekasi siap memperjuangkan kesetaraan penyandang disabilitas. Kesetaraan tersebut diantaranya dalam bidang ekonomi, lapangan kerja, pendidikan, fasilitas umum ramah disabilitas dan lain sebagainya.

“Sesuai undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Kesetaraan Disabilitas. kita akan berikan perjuangkan kesetaraan kepada penyandang disabilitas terutama lapangan kerja,” kata Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Bekasi, Solecha.

Ia mengatakan permasalahan penyandang disabilitas bukan saja cukup kompleks, tetapi masih banyak yang belum terpenuhi hak-hak mereka.

“Padahal para penyandang disabiltas tersebut mempunyai hak yang sama, sebagaimana orang/warga negara lainnya yang normal,” ujarnya.

Ia menegaskan, kesamaan hak itulah yang harus menjadi perhatian bersama, seperti mendapatkan pendidikan serta pekerjaan yang layak/memadai sesuai tingkat kemampuan penyandang disabilitas tersebut.

Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Bekasi, Uri Huryati menuturkan selaku anggota dewan, tambahnya, akan memperjuangkan hak bagi penyandang disabilitas.

Saat ditanya apakah fasilitas bagi penyandang disabilitas di Kota Bekasi sudah terpenuhi, Uri menilai masih kurang.

“Hal ini akan kami usahakan dan perjuangkan, memang fasilitas bagi mereka harus ada, apalagi fasilitas yang ada ditempat umum,” jelasnya.

Anggota Fraksi Partai Golkar lainnya, H Edi menuturkan para penyandang disabilitas juga adalah warga negara, maka memiliki hak yang sama dengan seluruh masyarakat, baik itu terkait pendidikan, kesehatan dan lapangan kerja, akses fasilitas publik dan lain-lain.

“Akan kita perjuangkan supaya mereka mendapatkan haknya sesuai dengan amanat undang-undang yang tertuang dalam UU no 4 tahun 1997 yaitu perusahaan negara dan swasta memberikan kesempatan dan perlakuan yang sama kepada penyandang disabilitas,” terangnya.

Untuk itu, hal ini, kata dia, harus disertai dengan fasilitas umum yang dapat di akses oleh penyandang disabilitas supaya menunjang aktifitas dan produktifitasnya.

“Sebagai wakil rakyat. nanti saya akan mendorong terwujudnya dukungan fasilitas ini di Kota Bekasi termasuk mendirikan panti rehabilitasi. ini bagian dari kepedulian dan keberpihan pada disabilitas, pembangunan tidak boleh diskriminatif,” tukasnya. (gib/ri)

Comment

News Feed