by

Komunitas Cinta Film Indonesia Luncurkan Program Workshop Inklusi Film Lanjutan

RUANGINDONESIA.COM – Sahabat disabilitas yang terdiri dari kalangan tuna netra, tuli, daksa, autis, serta Adha dan juga anak-anak paska rehabilitasi Narkoba mengikuti Workshop Inklusi Film Lanjutan, tanggal 27 – 30 November 2018, yang diselenggarakan Komunitas Cinta Film Indonesia (KCFI) bekerja sama dengan Citra Film School, didukung oleh Kementerian Ketenagakerjaan dan Bank Rakyat Indonesia.

Pelatihan dan pendidikan di gedung Pusat Perfilman H. Usmar Ismail selama empat hari ini, untuk belajar tentang dasar teori film (Penulisan Skenario, Tata Kamera, Penyutradaraan, Tata Artistik dan Managemen Produksi) di ruang kelas Citra Film School dan pada dua hari berikutnya para peserta praktek produksi pembuatan film pendek, lokasi shooting memilih tempat di Innovation Room Talent Hub, Kementerian Ketenagakerjaan.

“Selesai mendapat pembelajaran dasar para peserta disabilitas praktek, mereka memproduksi film pendek, seusai dengan skenario yang dibuat oleh sahabat disabilitas. nantinya akan ditayangkan pada Hari Disabilitas Internasional, tanggal 3 Desember 2018 dengan tema “Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas,” ujar Berhard Uluan Sirait, SM.Sin, Direktur Citra Film School.

“Workshop Inklusi Film kami programkan untuk sahabat disabilitas yang memiliki minat di dunia film, kami siapkan mentor dari praktisi perfilman dan sineas yang pengalaman agar mereka mempunyai peluang kerja bagi disabilitas di Industri Perfilman,” kata Budi Sumarno Ketua Umum KCFI.

Terkait dengan kegiatan Inklusi Film Disabilitas, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri, berharap semua pihak memperkuat komitmen dan keberpihakan kepada penyandang disabilitas dan perwujudan masyarakat inklusif tanpa melihat latar belakang apapun. Mereka harus memiliki kesempatan dan ruang yang sama untuk bisa bekerja, berkarya, termasuk berkecimpung di industri film.

Hal itu menjadi tantangan yang harus diselesaikan bersama. Bukan hanya pemerintah dan perusahaan atau dunia usaha, tapi juga dengan komunitas masyarakat menyangkut meningkatkan kepedulian terhadap sahabat disabilitas. Oleh karena itu Kementerian Ketenagakerjaan mengajak Kementerian Sosial, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) maupun Lembaga Pemerintah lainnnya untuk ikut andil, salah satunya Kemenaker akan mengadakan nonton bareng Bioskop Berbisik di bioskop. (Hrs/ri)

Comment

News Feed