by

Guru Miliki Peran Fundamental Bentuk Karakter Penerus Bangsa

RUANGINDONESIA.COM – Guru memiliki peranan yang fundamental dalam melahirkan generasi yang berkarakter. Tanpa guru, generasi penerus bangsa tidak akan memiliki bekal kecerdasan untuk membangun bangsa.

Hal ini ditegaskan Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Indarto saat menyampaikan pemaparan dalam Diklat Pengelolaan Sekolah Berbasis Mutu yang digelar, Kamis (29/11). Kegiatan yang mengusung tema Sekolah Bermutu Upaya Peningkatan Pelayanan Pendidikan, Pemerataan dan Percepatan Mutu Pendidikan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Guru Nasional dan Ulang Tahun PGRI ke 73.

“Guru memiliki peran yang signifikan, disamping keluarga. Apalagi saat ini sekitar 8 jam, anak-anak berada di lingkungan sekolah. Jadi sangat penting oeranan guru dalam membentuk karakter generasi bangsa,” tegas Indarto.

Seorang guru, kata Indarto, juga berperan penting dalam membenruk kedisiplinan anak-anak bangsa. “Negara ini akan habcur ketika anak-anak kita tidak lagi memiliki rasa disiplin,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PGRI Kota Bekasi Yana Suptiana menjelaskan tujuan kegiatan Diklat ini untuk meningkatkan kompetensi para kepala sekolah, dalam rangka menjadi garda terdepan untuk mendidik anak bangsa. “Dengan Diklat ini, para kepala sekolah mendapatkan tambahan pengetahuan melalui pemaparan yang disampaikan para narasumber,” katanya.

Yana mengakui proses pendidikan yang berjalan saat ini seringkali menimbulkan potensi terjadinya pelanggaran Hak Azasi Manusia (HAM), seperti pemukulan terhadap siswa. “Ini menjadi bagian dari proses pendidikan yang harus kita perhatikan, insya Allah seorang guru memiliki tujuan yang baik dan mulia yang murni untuk meningkatkan mutu pendidikan, tidak ada sedikit pun rasa dendam guru kepada selutuh anak didik,” pungkasnya. (Moel/ri)

Comment

News Feed