by

Gratis, Operasional 9 Unit Bus Trans Patriot Diujicoba Hari Ini

RUANGINDONESIA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mulai hari ini, Senin (26/11), mulai melakukan ujicoba operasional bus Trans Patriot. Tahap awal, moda transportasi massal ini melayani rute Terminal Bekasi – Harapan Indah (pulang-pergi) dengan 11 halte pemberhentian (shelter) untuk tiap perjalanan.

Pihak Perusahaan Daerah Mitra Patriot selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang mengelola operasional Trans Patriot ini telah menjalankan 9 unit bus untuk melayani masyarakat. Selama tahapan ujicoba ini, masyarakat bisa naik bus Trans Patriot ini secara gratis alias tanpa dipungut bayaran.

Menurut penjelasan Direktur Utama PDMP, Tubagus Hendra Suherman, pihaknya terus melakukan sosialisasi agar pengopersionalan bus Trans Patriot diketahui masyarakat umum. “Wajar jika penumpang masih sepi karena belum banyak masyarakat yang mengetahui, makanya kami akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ungkapnya.

Selain sosialisasi, Hendra menyatakan pihaknya juga akan terus melakukan penyempurnaan dan evaluasi terkait sistem operasional bus Trans Patriot. “Masih banyak yang harus kami benahi, salah satunya terkait sistem pembayaran atau ticketing yang ajan kami terapkan nanti, termasuk penentuan tarif perjalanan,” ulas dia, saat didampingi Humas PDMP, Iqbal Daud.

Begitu juga dengan jadwal perjalanan, Hendra mengungkapkan pihaknya masih membahas terkait jadwal dan tempo pemberangkatan tiap bus Trans Patriot. “Kita masih kaji jadwal pemberangkatan atau headway tiap bus dari Terminal Bekasi dan Harapan Indah untuk menghindari penumpukan bus di lokasi pemberangkatan atau penumpukan bus di jalan,” paparnya.

Bahkan, imbuh Hendra, pihaknya akan menggunakan teknologi untuk perangkat kontrol setiap bus Trans Patriot yang sedang beroperasional. “Kami akan memasang GPS Tracking tiap bus, dengan pusat kontrol di Kantor PD Mitra Patriot, sehingga kami bisa mengontrol lokasi bus, bahkan masyarakat juga bisa ikut mengontrol lokasi bus terdekat yang sedang beroperasi,” jelasnya.

Hendra lalu berharap hadirnya Trans Patriot ini bisa menjawab kebutuhan masyarakat terkait moda transportasi massal yang layak dan nyaman. “Bagaimana pun juga Kota Bekasi sudah menjadi kota metropolitan, dengan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks termasuk kebutuhan transportasi massal yang layak dan nyaman. Nah hadirnya Trans Pattiot ini bisa menjadi jawaban terhadap kebutuhan masyarakat yang menginginkan angkutan massal yang layak dan nyaman,” pungkasnya. (Moel/ri)

Comment

News Feed