by

Deklarasi ODF, Empat Kelurahan Sepakat Stop BAB Sembarangan

RUANGINDONESIA.COM – Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi untuk membangun program sanitasi berbasis masyarakat mendapat dukungan dari kalangan masyarakat. Secara serempak, masyarakat dari empat kelurahan melaksanakan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) di halaman Kantor Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu, Sabtu (24/11).

Deklarasi stop buang air besar (BAB) sembarangan ini menjadi komitmen masyarakat di wilayah Kelurahan Bojong Rawalumbu, Pengasinan, Aren Jaya, dan Jatikarya. Deklarasi ini juga dihadiri Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi Golkar Uri Huryati, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati beserta segenap Kepala UPTD Puskesmas yang ada di Kota Bekasi.

Kegiatan yang digelar untuk memperibgati Hari Kesehatan Nasional ini juga dirangkai dengan senam massal ‘Maumere’ yang diikuti seluruh peserta yang hadir. Bahkan, Tri Adhianto dan Tanti Rohilawati terlihat semangat mengikuti setiap gerakan senam ‘Maumere’ ini dengan dipandu seorang instruktur senam profesional.

Dalam kesempatan ini, Tri Adhianto menyatakan Deklarasi ODF ini merupakan sumbangan yang berharga dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-54. “Kami berharap dengan adanya deklarasi ini, tidak ada lagi jamban yang tidak sesuai dengan standar kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Tri mengakui program sanitasi berbasis masyarakat ini masih menjadi tugas besar pemerintah daerah yang harus segera terselesaikan secara bertahap. “Karena itu, kami ingin memberdayakan seluruh potensi yang ada untuk ikut serta mensukseskan program stop BAB sembarangan ini. Kami juga sudah mengusulkan agar program sanitasi ini masuk dalam program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD,” imbuhnya. (Moel/ri)

Comment

News Feed