by

Yuk, Hadiri Gema Nusa Patriot Art Festival 2018

RUANGINDONESIA.COM – Organlsasl Gema Nusa Patriot Kota Bekasi, akan mengadakan acara Gema Nusa Patrlot Art Festlval 2018 pada Mlnggu 25 November 2018 dl area Car Free Day Jalan Boulevard Selatan Summarecon Kota Bekasl. Dlacara tersebut akan menampilkan tarl masal Ronggeng Menor yang dllkutl oleh 1500 siswa darl tingkat TK, SD, SMP, SMA dan sanggar yang ada dl Kota Bekasi.

Dalam rangka melestarikan budaya dan untuk menumbuhkan slkap positif menanam kecintaan budaya khususnya generasi muda Kota Bekasi, kegiatan gelar Tari Ronggeng Menor ini berkaitan dengan pembentukan karakter, yakni mengenalkan kearifan budaya lokal, yang juga berkaitan denganidentitas Iinkungan social masyarakat. Identitas adalah kultur atau ciri khas dan kekuatan adalah negara, sehingga antara kultur dan kekuatan bisa saling mengisi.

Menurut Alamsyah, pihak panitia penyelenggara, pagelaran tari tradisional ini juga sangat berkaitan dengan pendidikan rasa, yaitu berkaitan dengan etis, religius dan filosofls, dan diterjemahkan sebagai rasa, perasaan pengalaman batin, makna paling mendalam (konsep pendidikan rasa menurut Ki Hajar Dewantara). “Dalam acara tersebut juga sekaligus melakukan kegiatan donasi untuk Korban Bencana Palu,” ujarnya, Kamis (22/11).

“Di Gema Nusa Patriot Art Festival 20l8, sekaligus bentuk kegiatan donasi untuk saudara-saudara kita di Palu, dengan seni kita tumbuhkan rasa peduli terhadap sesama. Dengan membeli kaos maka peserta sudah mendonasikan dana untuk saudara-saudaranya di Palu,” jelas Alamsyah.

Pihaknya juga sangat berharap banyak pihak yang mendukung untuk suksesnya acara tersebut. “Ya ini merupakan event positif, pertama agar generasi muda cinta akan budayanya, kedua menumbuhkan seni di dalam kehidupan mereka, ketiga dapat pahala karena sekalian beramal,” pungkasnya. (Moel/ri)

Comment

News Feed