by

Persalinan Normal, Kartu Sehat Berbasis NIK Bisa Dipakai di Klinik Bersalin

RUANGINDONESIA.COM – Tak dapat dipungkiri, masyarakat Kota Bekasi kian antusias menerima manfaat Kartu Sehat Berbasis NIK (Nomor Induk Kependudukan). Bukan hanya untuk berobar, manfaat Kartu Sehat ini juga bisa digunakan masyarakat untuk proses persalinan normal.

Kabar terbaru, selain di Puskesmas, masyarakat yang ingin melahirkan bisa menggunakan Kartu Sehat untuk proses lersalinan di beberapa klinik bersalin. Untuk kerjasama dengan pihak klinik bersalin ini, Pemkot Bekasi menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pihak Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati menjelaskan saat ini masyarakat pengguna Kartu Sehat Berbasis NIK sudah bisa mendapatkan pelayanan persalinan normal secara gratis di beberapa klinik persalinan yang sudah bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi. “Sebetulnya kita kerjasama dengan IBI. Nah, IBI menyerahkan beberapa klinik bersalin yang memang bisa dijadikan tempat untuk pertolongan persalinan normal,” ujarnya saat ditemui seusai Sidang Paripurna di DPRD Kota Bekasi, Rabu (21/11).

Tanti juga menyampaikan sinyalemen adanya kerjasama program Kartu Sehat dengan para bidan yang membuka praktek persalinan secara perorangan. “Yang penting berkoordinasi dengan IBI, dan kita akan terus menjalin komunikasi dengan IBI,” imbuhnya.

Lebih lanjut Tanti mengaku sudah memberikan instruksi kepada seluruh Puskesmas yang ada di Kota Bekasi untuk menyediakan pelayanan persalinan normal. “Kita juga sudah menerapkan kepada pihak Puskesmas agar melayani proses pertolongan persalinan normal, makanya kita akan evaluasi Puskesmas mana saja yang belum menyediakan pelayanan persalinan normal,” pungkasnya. (Moel/ri)

Comment

News Feed