by

Puskesmas Mustikajaya Perkuat Mutu Pelayanan Dasar dan Persalinan Normal

RUANGINDONESIA.COM – Secara serempak, pihak Kecamatan Mustikajaya melaksanakan sosialisasi manfaat Kartu Sehat Berbasis NIK (Nomor Induk Kependudukan) kepada masyarakat yang digelar di seluruh wilayah kelurahan, Sabtu (17/11). Acara sosialisasi ini bekerjasama dengan pihak UPTD Puskesmas setempat untuk memberikan pemaparan terkait pemanfaatan program Jaminan Kesehatan Daerah melalui progran Kartu Sehat di Kota Bekasi.

Untuk wilayah Kelurahan Mustukajaya dan Mustikasari, sosialisasi manfaat Kartu Sehat Berbasis NIK ini digelar serempak di aula Kecamatan Mustikajaya. Nampak hadir dalam kesempatan ini, Sekretaris Kecamatan Mustikajaya Maka Nachrowi dan Kepala Puskesmas Mustikajaya Neneng Sumiati.

Dalam kesempatan tersebut, Maka Nachrowi menjelaskan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi manfaat Kartu Sehat Berbasis NIK tingkat Kota Bekasi yang dilaksanakan langsung oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi beberapa waktu lalu. “Untuk itu kami mengagendakan kegiatan sosialisasi di wilayah kelurahan secara serempak pada hari ini,” ungkapnya.

Maka lalu menyampaikan penghargaannya kepada seluruh pihak yang sudah ikut aktif menyebarluaskan informasi terkait program manfaat Kartu Sehat yang lebih efektif dan efisien. “Dengan pemahaman yang sam, kami tentu berharap program yang luar biasa ini semakin bermanfaat secara efektif dan efisien bagi masyarakat Kota Bekasi,” ujarnya.

Sementara, Neneng Sumiati menyatakan pihaknya memperkuat mutu pelayanan dasar di bidang kesehatan untuk mengimbangi kepercayaan masyarakat pengguna Kartu Sehat yang berobat ke Puskesmas. “Perubahan sistem penggunaan Kartu Sehat ini mulai terlihat signifikan, Puskesmas Mustikajaya mengalami peningkatan jumlah kunjungan pasien mencapai 30 persen,” ujarnya.

Neneng juga menyebutkan tingginya angka persalinan yang dilayani Puskesmas Mustikajaya. “Hampir setiap hari kami melayani proses persalinan normal, bukan saja untuk masyarakat Kelurahan Mustikajaya tapi juga dari Kelurahan Cimuning dan yang tinggak di perbatasan dengan Kelurahan Mustukasari,” paparnya.

Pihaknya juga sudah sejak lama menerapkan pelayanan rawat jalan sampai sore hari. “Kami terus melakukan oerbaikan demi kenyamanan masyarakat yang berobat ke Puskesmas, agar tidak terkesan sebagai rumah sakit tapi juga rumah sehat untuk masyarakat,” ungkap dia.

Selain itu, Neneng juga mengakui kurangnya tenaga di Bidang Promosi Kesehatan (Promkes) yang dimiliki Puskesmas Mustikajaya. “Sedangkan untuk sarana dan prasarana, alhamdulillah Puskesmas kami sudah memadai, dan semoga upaya ini makin membuat masyarakay semakin percaya dan yakin untuk datang berobat ke Puskesmas,” pungkasnya. (Moel/ri)

Comment

News Feed