by

APK Langgar Ketentuan Ditertibkan Bawaslu Kota Bekasi

-News, Politik-80 views

RUANGINDONESIA.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi lakukan penertiban terhadap ribuan alat peraga kampanye (APK) dan atribut partai yang melanggar aturan, Jumat (16/11). Penertiban tersebut dilaksanakan berkoordinasi dengan Satpol PP, Kesbangpol serta pihak terkait.

Komisioner Divisi Pengawasan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi Alimahyail, menjelaskan bahwa penertiban ini menyasar APK yang melanggar ketentuan.

“Hari ini kita melakukan penertiban APK terkait, yang melanggar ketentuan UU, PKPU Perbawaslu dan surat edaran Wali Kota, maupun surat keputusan KPU tentang zonasi pemasangat peraga kampanye,” jelasnya.

Pelanggaran tersebut seperti APK yang ditempel pohon, dipasang pada fasilitas umum seperti jembatan, tiang listrik, tiang telepon serta traffic light.

Untuk penurunan APK di ruas jalan protokol dan yang menjadi pantauan adipura dijelaskannya sesuai dengan surat edaran Wali Kota terkait APK dan atribut kampanye.

Lebih lanjut dirinya menegaskan bahwa sebelum penertiban dilakukan sudah ada langkah pencegahan dan sosialisasi pada peserta pemilu.

“Kami sudah menginstruksikan kepada Panwascam bahwa hal ini terkait pelanggaran administrasi, kemudian direkomendasikan kepada PPK yang ditindaklanjuti dengan himbauan peringatan, yang mana setelah 3 x 24 jam maka akan dilakukan penertiban,” lanjutnya.

Penertiban ini didominasi alat peraga yang menempel di pohon berupa atribut partai berupa bendera.

Selain itu banyak pula ditemukan poster baik dilakukan parpol maupun perorangan, juga alat peraga berupa spanduk.

“Penertiban ini dilakukan serentak di Kota Bekasi. kami temukan setiap kecamatan berjumlah 500 lebih APK, keselurahanya berarti ribuan APK. soal total jumlah masih belum dihitung. kan baru pencopotan, tapi ribuan lah,” ujarnya.

Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Tommy Siswanto mengatakan pelanggaran yang paling banyak dilakukan adalah pemasangan APK dengan cara di paku di pohon maupun di tali. Selain itu, lokasinya yang berada di pusat kota, juga ditertibkan.

“Paling banyak memang atribut kampanye yang di paku maupun di tali di pohon. ada juga baliho yang berukuran besar, tetapi sudah kami turunkan,” imbuhnya.

Menurutnya, penertiban itu tidak hanya dilakukan di kota Bekasi, tetapi juga di wilayah kecamatan.

“Tetapi penertiban ini akan terus kami lakukan selama masih ada APK pemasangannya melanggar aturan. Selain itu, untuk anggota parpol yang ingin mengambil kembali APK yang sudah kami tertibkan, kami persilahkan datang ke kantor untuk mengambilnya,” tutupnya. (gib/ri)

Comment

News Feed