by

Program Ketahanan Pangan, Koramil 01/Kranji Rayakan Panen Padi Cibuaya

RUANGINDONESIA.COM – Jajaran Koramil 01/Kranji, guyub dengan kelompok petani untuk merayakan panen padi jenis Cibuaya di sawah seluas 3 hektar yang bertempat di RT 05 RW 09 Kelurahan Kali Baru, Kecamatan Medansatria, Kota Bekasi, Rabu (14/11). Panen padi yang dilaksanakan secara rutin ini juga melibatkan para pendamping petani penggarap yakni Peltu Aat Sulaeman dan Serda Damroh

Danramil 01/Kranji Mayor Inf Rahmat Triono S menyampaikan, panen padi ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun selaras dwngan program Ketahanan Pangan Nasional. “Bahkan dalam kurun waktu satu tahun kami mampu tiga kali melaksanakan panen per tiga bulannya dengan hasil yang selalu meningkat,” imbuh dia.

Menurut Rahmat, giat panen padi ini dalam rangka mendukung dan mensukseskan program pemerintah menuju Swasembada Ketahanan Pangan Nasional atau Nawacita. “Program ini secara terus-menerus ditingkatkan dengan mengoptimalkan peran Babinsa dalam melaksanakan tugas pendampingan kepada kelompok tani di sawah dengan harapan dapat memberikan motivasi kepada petani serta masyarakat untuk meningkatkan produktivitas hasil panen. panen padi kali ini sangat berkualitas, insya Allah mendapat hasil 25 ton beras,” paparnya.

Rahmat mengatakan peran Babinsa di sawah masih sangat dibutuhkan pada program ketahanan pangan sebagai wujud keseriusan jajaran TNI dalam membantu masyarakat petani untuk meningkatkan taraf hidup petani. “Masyarakat kini dapat merasakan hasilnya setelah Babinsa turun sawah seperti pada panen padi kali. Hal ini merupakan bukti hasil kerja keras dari para petani binaan Koramil 01/Kranji dan Babinsa Pendamping Pertanian yang berada di lapangan yang bergotongroyong bersama mengatasi hambatan dan kendala seperti cuaca, adanya serangan hama tikus dan ternak yang berkeliaran dikarenakan tidak adanya pagar pembatas tanaman,” ulasnya. (moel/ri)

Comment

News Feed