by

Fraksi Partai Golkar Optimis Sistem Baru Program Kartu Sehat Berbasis NIK Lebih Efektif

-News-87 views

RUANGINDONESIA.COM – Masyarakat Kelurahan Jakamulya, Kecamatan Bekasi Selatan, mendapatkan sosialisasi pemanfaatan Kartu Sehat Berbasis NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang disempurnakan menjadi lebih efektif dan efisien. Sosialisasi yang dihelat Kamis (15/11) ini mendapat perhatian anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi Golkar Rahmawati yang menghadiri kegiatan ini.

Secara antusias, masyarakat mendengarkan pemaparan yang disamlaikan Kepala Puskesmas Jakamulya, dr Dedes Nurbayati, tentang sistem baru yang diterapkan untuk program jaminan pelayanan bidang kesehatan melalui Kartu Sehat Berbasis NIK. “Pasien dalam keadaan sakit ringan tahap awal harus terlebih dahulu ke puskesmas, kecuali dalam keadaan darurat bisa langsung ke rumah sakit swasta dan rumah sakit tak boleh menolak serta meminta uang jaminan,” papar dr Dedes Nurbayati.

Dedes mengklaim masyarakat semakin memahami sistem baru ini, yang dibujtikan dengan meningkatnya jumlah kunjungan masyarakat yang datang berobat ke Puskesmas Jakamulya. “Kami akan terus melakukan sosialisasi secara berkelanjutan, karena bagaimana pun juga butuh waktu untuk menjelaskan sistem barubini kepada seluruh kalangan masyarakat agar program Kartu Sehat ini dapat dimanfaatkan secara efektif,” tegasnya.

Untuk mengoptimalkan program Kartu Sehat ini, Dedes menyebutkan Puskesmas Jakamulya sudah menerapkan penambahan jam pelayanan hingga pukul 17.30 WIB. “Sedangkan untuk hari Jumat dan Sabtu, kami melayani masyarakat hingga pukul 17.00 WIB. Begitu juga untuk masyarakat yang membutuhkan layanan untuk proses melahirkan secara normal, silahkan datang saja ke Puskesmas Jakamulya,” ujarnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Bekasi yang bertugas di Komisi IV Rahmawati menyampaikan sikap optimisnya program Kartu Sehat kali ini semakin efektif. “Terlebih lagi dengan adanya sosialisasi yang dilakukan secara gencar oleh kalangan aparatur pemerintahan, sehingga masyarakat bisa langsung memahaminya,” ujar dia.

Rahmawati menyatakan sepakat sistem baru untuk pemanfaatan Kartu Sehat ini untuk membuat proses pelayanan kesehatan masyarakat menjadi lebih teratur dan tertib. “Tidak berbeda jauh kok, cuma bagi masyarakat yang menderita penyakit ringan, cukup berobat ke Puskesmas, sedangkan jika dianggap gawat darurat, masyarakat tetap bisa memanfaatkan Kartu Sehat untuk berobat ke rumah sakit swasta,” tegasnya. (moel/ri)

Comment

News Feed