by

Mulai Sabtu Besok, Jembatan Enam Kalimalang Ditutup

RUANGINDONESIA.COM – Pemerintah Kota Bekasi, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi berencana untuk menghentikan fungsi Jembatan Enam Kalimalang yang selama ini digunakan oleh pengendara untuk berputar balik saat menuju Bekasi, Tol JORR dan Jakarta melalui Tol Bekasi Barat.

Pemberlakuan kebijakan tersebut guna mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ada di wilayah Kota Bekasi, yakni kelanjutan Pembangunan Tol Bekasi, Cawang, dan Kampung Melayu (Becakayu) yang ada disepanjang aliran Kali Malang.

Rencananya, penghentian jalan tersebut akan dilakukan oleh Dishub Kota Bekasi mulai hari Sabtu (4/10/2018) hingga tiga bulan kedepan, Karena PT Waskita Karya akan melakukan pemasangan Pilket dan penghancuran pier pada jembatan yang semula biasa digunakan untuk putaran kendaraan dari Galaxy menuju Bekasi.

“Kita sudah negosiasi, hasilnya penutupan itu maksimal berlangsung selama tiga bulan,” ujar Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Bekasi, Johan Budi Gunawan kepada awak media, Kamis (4/10/2018).

Karena penutupan dan pembongkaran jembatan tersebut, maka kendaraan dari Galaxy yang hendak putar balik dialihkan ke Jembatan Caman. Johan memastikan bahwa aktifitas di Jembatan Galaxy tetap berjalan seperti biasa.

“Untuk simpang Galaxy tidak ada perubahan sirkulasi lalu lintas. Yang berubah drastis itu simpang Caman. Jadi dia hanya berfungsi sebagai putaran kendaraan dari Galaxy dan kendaraan dari Jakarta yang ingin menuju ke Jatibening,” jelas Johan.

Disamping itu, Dishub telah meminta tiga klausul kepada PT Waskita dalam rangka menjaga arus lalu lintas tetap optimal, pertama fasilitas lalu lintas sudah disiapkan, seperti rambu-rambunya. Kedua, penerangan jalannya. Ketiga, tidak boleh ada sisa pekerjaan pada ruas jalan yang ada.

“Kalau ketiga kalusul kami ini tidak dipenuhi, maka terpaksa kami harus tunda pembangunannya,” tutupnya. (bon/ri)

Comment

News Feed