by

Partai Golkar Kota Bekasi Soialisasikan Pelaporan Dana Kampanye

-Politik-39 views

RUANGINDONESIA.COM – DPD Partai Golkar Kota Bekasi menghelat sosialisasi dan pelatihan pelaporan anggaran kampanye kepada seluruh Calon Anggota Legislatif (Caleg) dan pihak operator. Kegiatan sendiri berlangsung di Kantor DPD Golkae Kota Bekasi, Kemarin.

Sosialisasi ini menghadirkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi Ucu Asmara sandi sebagai narasumber. Saat menyampaikan pemaparannya, ia memberikan pemahaman tentang teknis atau cara pelaporan dana kampanye bagi Caleg dari Partai Golkar pada ajang Pilleg 2019 mendatang.

Ia menjelaskan, ada tiga jenis laporan dana kampanye terkait dengan pemilu, baik pemilu presiden maupun pemilu legislatif.

Tiga jenis laporan tersebut adalah laporan awal dana kampanye, laporan sumbangan dana kampanye, dan laporan akhir dana kampanye.

Laporan awal dana kampanye, disertai dengan laporan sumbangan dana kampanye diserahkan ke KPU paling lambat satu hari sebelum pelaksanaan kampanye, yaitu 22 September 2018.

Sementara laporan akhir dana kampanye, diserahkan ke KPU satu hari setelah berakhirnya masa kampanye, yaitu 14 April 2018.

Ia menjelaskan, laporan akhir dana kampanye berisi mengenai penerimaan dan pengeluaran pasangan calon dan partai politik selama kampanye.

“H+1 kampanye, laporan akhir dana kampanye berupa penerimaan dan pengeluaran, harus sudah dilaporkan kepada KPU,” katanya.

“Semoga acara ini dapat memberikan wawasan bagi para Caleg dalam penyajian laporan, sesuai dengan Peraturan KPU,” sambung Ucu

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana, TB. Hendra Suherman juga menyampaikan harapan serupa dari kegiatan ini. “Semoga dapat dilaksanakan oleh para tim atau para Caleg Golkar Kota Bekasi dengan sebaik-baiknya sehingga tidak menimbulkan permasalahan yang tidak kita inginkan bersama,” ujarnya.

Lanjut Hendra, untuk pelaporan dana kampanye ini dilaporkan kepada masing masing tingkatan, untuk caleg DPR ke DPP, DPRD Provinsi ke DPD dan DPRD Kab/ Kota ke DPD.

“Caleg kalau tidak membuat laporan dana kampanye bisa mendapatkan sanksi dari KPU berupa pembatalan sebagai peserta pemilu pada wilayah pemilihan yang bersangkutan,” tandasnya. (gib/ri)

Comment

News Feed