by

PDAM & PJT II Normalisasi Saluran Sekunder di Babelan

-Bisnis-62 views

RUANGINDONESIA.COM – Menjaga lingkungan Sungai atau Kali adalah tanggung jawab bersama. Karena bila hanya mengandalkan peran Pemerintah untuk menjaga lingkungan, kelestarian Kali tidak akan tercapai.

Untuk itu, demi menjaga dan melestarikan Kali, PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi helat Program Kali Bersih (Prokasih) disaluran sekunder Babelan, Kabupaten Bekasi, Selasa (25/09/2018).

Pembersihan Kali itu bekerjasama dengan Perum Jasa Tirta (PJT) II serta TNI. Prokasih ini juga merupakan rangkaian kegiatan HUT PDAM ke 37 Tirta Bhagasasi Bekasi yang jatuh pada tanggal 29 September 2018 mendatang. Kegiatan tersebut selain untuk menjaga dan melestarikan lingkungan Kali, juga untuk memaksimalkan air baku untuk PDAM Cabang Babelan.

Hadir saat kegiatan, Direktur Usaha PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Maman Sudarman, Kabag Produksi dan Kabag Distribusi Dina Rosdianawati dan Hendry, serta Kepala PDAM Cabang Babelan Suherlis. Kegiatan bersih-bersih kali tersebut juga dihadiri GM PJT II Unit Usaha Wilayah I Bekasi, Anton Mardyono.

Maman dan Anton mengimbau warga sepanjang saluran yang hulunya dari Kampung Pintu Air, Kota Bekasi hingga Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi, agar peduli terhadap lingkungan, dan jangan membuang sampah ke dalam saluran.

Pembersihan saluran seperti ini, kata Maman, dilakukan setiap tahun khsusnya pada HUT PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi.

“Tahun lalu juga kita lakukan hal serupa di saluran yang sama,” ungkapnya.

Sementara itu, Anton Mardyanto mengatakan, pihaknya tetap akan memaksimalkan pasokan air baku untuk PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi. Namun pada kemarau saat ini, debit air Saluran Tarum Barat atau Kalimalang agak berkurang, sehingga pasokan air baku sedikit berkurang.

Ditanya pembagian proporsi air Saluran Tarum Barat, ia menjelaskan 50 persen untuk kebutuhan pertanian, 50 persen untuk air baku PDAM dan industri. Dari 50 persen itu untuk PDAM tersebut, sebagian besar atau 30 persen untuk DKI Jakarta dan sisanya untuk Puwakarta, Kabupaten Karawang, Kota dan Kabupaten Bekasi. (ras/ri)

Comment

News Feed