by

Lawu Terbakar, 100 Pendaki Masih Terjebak di Jalur Pendakian

-Headline-60 views

RUANGINDONESIA.COM – Gunung Lawu mencekam di Tahun Baru Islam 1440 Hijriah. Masyarakat yang berbondong-bondong untuk melakukan aktivitas pendakian di malam bulan Suro terjebak di gunung yang terbakar. Seperti yang dilansir dari detik.com, BPBD Magetan menyatakan masih ada sekitar 100 pendaki yang belum turun.

“Sebagian telah dievakuasi dengan penyisiran di jalur pendakian dan sudah sekitar 100 pendaki turun. Masih ada sekitar 100 pendaki yang belum turun,” ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra di Cemoro Sewu, Senin petang (10/09/2018).

Dari 100 pendaki yang belum turun, kata Fery, sangat rawan terjebak asap kebakaran yang lokasinya mendekati jalur pendakian. Upaya penyisiran untuk memerintahkan turun lanjut Fery masih dilakukan oleh Tim BPBD dan BASARNAS serta dibantu oleh anggota Paguyuban Gunung Lawu serta Paguyuban Anak Giri Lawu.

“Ada 100-an pendaki yang belum turun dan rawan terjebak kebakaran. Tapi kami berupaya semaksimal mungkin untuk evakuasi agar semua dapat diturunkan,” katanya.

Sekitar 200 pendaki sudah terlanjur naik pendakian ke puncak Gunung Lawu yang baru di buka sehari. Saat 200 pendaki itu naik, Gunung Lawu kembali terbakar.

Hingga pukul 20.00 WIB, calon pendaki tampak terus berdatangan memadati halaman pintu masuk jalur pendakian lewat Cemoro Sewu. Mereka sebagian mendirikan tenda untuk bermalam di lokasi camping yang disediakan oleh perhutani.

Sampai hari ini, Selasa (11/09/2018) belum ada informasi terkait 100 pendaki yang masih terjebak di jalur pendakian. (cae/ri)

Comment

News Feed