by

Kebakaran Gunung Sumbing Meluas, 541 Pendaki Selamat Turun Gunung

RUANGINDONESIA.COM – Selain Lawu yang hutannya sedang terbakar, Gunung Sumbing pun bernasib sama. Kebakaran yang terjadi di kawasan Gunung Sumbing di wilayah Kabupaten Temanggung, sempat merembet ke wilayah Kabupaten Magelang dan membakar lahan kurang lebih 5-10 hektar di petak 2 wilayah Magelang pada Selasa (11/09/2018).

Seperti dilansir dari tribunjogja.com, petugas gabungan bertindak cepat. Sebanyak 541 pendaki yang naik dari tiga pos pendakian Kaliangkrik, Magelang dievakuasi dengan selamat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Susanto, mengatakan, dampak kebakaran di Gunung Sumbing di wilayah Kabupaten Temanggung, juga merembet ke wilayah Kabupaten Magelang.

TERBAKAR: Kondisi Gunung Sumbing yang terbakar dan dipenuhi asap mengepul nampak dari kejauhan, Selasa (11/09/2018) sore. (foto: liputan6)5

Semula titik api terpantau pada Senin (10/9/2018) kemarin, sekitar pukul 18.00 WIB, di wilayah Temanggung. Namun api kemudian merembet di Wilayah Kaliangkrik Kabupaten Magelang pada Selasa (11/09/2018) sekitar pukul 06.00 WIB pagi tadi, tepatnya di petak 2 Wilayah Magelang atau Pos 4 pendakian Kaliangkrik (Butuh, Mangli dan Prampelan).

“Semula titik api masih ada di wilayah Temanggung, Senin (10/09/2018) kemarin. Tetapi kemudian merembet pada Selasa (11/09/2018) pagi sekitar pukul 06.00 WIB,” kata Edi, Selasa (11/09/2018).

Saat itu terdapat kurang lebih 541 pendaki yang masih berada di Puncak Gunung Sumbing. Tim gabungan dari Perhutani, BPBD, Satpol PP & Damkar, PMI, Basecamp Pendakian dan Relawan Gabungan pun segera melakukan evakuasi. Basecamp Pendakian Prampelan (Adisurya) sudah mengirimkan satu tim untuk membantu evakuasi pendaki sejak Senin (10/09/2018) malam kemarin.

Informasi terakhir yang diterima sekitar pukul 16.40 WIB , sebanyak 541 Pendaki sudah berhasil dievakuasi dengan selamat, dengan rincian sebanyak 516 pendaki sudah berada di basecamp dan 25 Pendaki sudah berada di Pos 1 jalur pendakian Butuh.

“Tim sudah melakukan evakuasi terhadap pendaki yang berada di puncak. Ada kurang lebih 541 pendaki yang masih ada di puncak saat itu, langsung dilakukan evakuasi terhadap semuanya,” ujarnya.

Sementara itu, pemadaman titik api belum bisa dilakukan. Petugas pun memperkirakan hutan yang terbakar luasnya sekitar 5-10 Hektar dari 150 Hektar yang berada di Petak 2 Wilayah Magelang.
Lanjut Edi, langkah yang ditempuh BPBD Kabupaten Magelang saat ini dengan berkoordinasi dengan Satgas PB BPBD dengan Perhutani dan Basecamp Pendakian.

Penanganan kebakaran di wilayah Magelang sendiri masih ditangani oleh Perhutani dan relawan dari Kabupaten Temanggung.

“Fokus penanganan kami adalah keselamatan para pendaki. BPBD Kabupaten Magelang mengirimkan bantuan logistik untuk support penanganan,” ujarnya.

Perhutani sendiri dengan berkoordinasi dengan Pusat Pemadaman akan melakukan Water Bombing untuk pemadaman api. (cae/ri)

Comment

News Feed