by

Sambut 1 Muharram 1440 H, Ratusan Warga Harapanmulya Helat Pawai Obor

-Peristiwa-122 views

RUANGINDONESIA.COM – Kobaran api cahaya yang bersumber dari ratusan obor terlihat begitu semarak di sepanjang Jalan Pangeran Jayakarta Kelurahan Harapanmulya, Kecamatan Medansatria, Kota Bekasi, Senin (10/09/2018) malam.

Forum Silaturahmi Warga Jembatan Bola Kampung Pintu Air Kota Bekasi dengan meriah mengadakan kegiatan pawai obor di malam hari pergantian tahun baru Islam yang sudah menjadi tradisi tahunan.

Dadi Aryadi (40) Ketua Panitia 1 Muharam FSW-Jembatan Bola Kampung Pintu Air mengatakan, pawai obor yang dilaksanakan untuk menyambut tahun baru Islam atau 1 Muharram ini memiliki makna sebagai penerangan dan suka cita dalam menyongsong tahun baru.

“Tradisi menyambut tahun baru Islam dengan pawai obor ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Tujuannya untuk menyambut serta memeriahkan tahun baru Islam,” ujarnya.

Ia menambahkan, tradisi pawai obor setiap menyambut tahun baru Islam ke depannya akan dijadikan agenda tahunan oleh warga kampung pintu air.

“Kita ingin memaknai bahwa dalam kegelapan selalu ada penerangan. Seperti itulah Islam, yang mengeluarkan kita dari zaman kegelapan menuju zaman cahaya,” jelasnya.

Ratusan masyarakat yang terdiri dari orang dewasa dan anak-anak berkeliling kampung usai shalat Isya sambil melantunkan shalawat. Setelahnya masyarakat mengadakan santunan anak yatim piatu. Acara juga dimeriahkan dengan lomba tumpeng.

Alunan takbir dan dzikir terus bergema sepanjang pawai yang menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah.

Caranya dengan membawa spanduk, bersholawat, membunyikan beduk, marawis, hadroh, dan tentu mengobarkan obor-obor yang dibawa.

Para petugas keamanan dibantu masyarakat begitu teratur mengatur jalannya pawai obor dan lalu lintas. (hrs/ri)

Comment

News Feed