by

Tradisi Sambut Tahun Baru Islam di Dunia, Kamu Pawai Obor di Mana Besok Malam?

RUANGINDONESIA.COM – Tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah akan jatuh pada 11 September 2018. Seluruh umat muslim menyambut dengan suka cita pergantian tahun baru tersebut. Di berbagai belahan dunia yang mayoritas masyarakatnya beragama muslim telah mempersiapkan berbagai macam tradisi.

Dikutip dari Tribuntravel.com dan Grid.ID ada empat negara yang mempunyai tradisi unik saat tahun baru Islam 1 Muharram datang.

1. Malaysia
Di Malaysia warganya yang memeluk Islam menyambut tahun baru Islam 1 Muharram dengan berdoa dan membaca surah Yasin di masjid. Jika tinggal di Kuala Lumpur, maka mereka akan datang ke Masjid Kuala Lumpur untuk menghadiri pengajian akbar di sana. Bahkan pengajian itu bakal dihadiri oleh Perdana Menteri Malaysia.

2. Maroko
Maroko juga merayakan tahun baru Islam 1 Muharram dengan cara yang unik. Masyarakat di sana akan membuat dan saling bertukar roti antar tetangganya.

3. Arab Saudi
Arab Saudi tentunya juga merayakan tahun baru Islam 1 Muharram. Di sana tahun baru Islam 1 Muharram juga dijadikan hari libur layaknya di Indonesia. Arab Saudi akan mengadakan pengajian akbar dipimpin imam Mekkah untuk menyambut tahun baru Islam 1 Muharram.

4. Brunei Darussalam
Di sana menjelang tahun baru Islam 1 Muharram, masyarakatnya gotong royong membersihkan masjid setempat. Setelahnya pada malam hari warga akan berkumpul di masjid dan melakukan pengajian sembari makan bersama.

5. Indonesia
Di Indonesia sebagian besar masyarakatnya memiliki tradisi pawai obor saat malam menyambut 1 Muharram. Obor dibuat dalam jumlah banyak secara gotong royong dengan berbahan dasar bambu. Setelah ibadah salat Isya biasanya masyarakat berkeliling kampung membawa obor sambil bersalawat.

Nah, itulah tradisi unik di beberapa belahan dunia yang mayoritas penduduknya beragama muslim saat menyambut Tahun Baru Islam. Kalau kamu, mau pawai obor di mana besok Jangan lupa ya sebelum pawai obor panjatkan doa kepada Allah agar kita semua bisa menjadi lebih baik di Tahun selanjutnya. Doakan juga agar Indonesia senantiasa damai dalam perbedaan dan saling menghargai satu dengan yang lainnya. Selamat menyambut Tahun Baru Islam. Ikhlaskan hati, berkah hidup ini. Salam. (cae/ri)

Comment

News Feed